Pola Makan Sehat untuk Orang yang Berusia di Atas 50 Tahun

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 11 Jan 2022 06:00 WIB
Pantangan Penyakit Jantung, Hindari 15 Makanan Ini Agar Darah Tinggi Tidak Naik Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong

4. Batasi Asupan Garam

Sodium atau garam menjadi faktor terbesar untuk memicu lonjakan tekanan darah. Tekanan darah yang melonjak secara signifikan ini akan membuat kerja jantung harus ditingkatkan secara instan yang efeknya dapat memicu serangan jantung yang berbahaya.

"Menurut Centers for Disease Control, sodium yang digunakan terutama pada makanan olahan dan restoran sangat berkontribusi secara tinggi dalam meningkatkan tekanan darah, serangan jantung dan stroke," kata Wirtz.

5. Perbanyak Konsumsi Lemak Sehat

Jika beberapa jenis lemak disarankan untuk dihindari, tetapi tidak dengan lemak sehat. Lemak sehat yang dimaksud adalah yang terdapat pada makanan laut dan makanan tinggi omega 3 seperti kerang, udang, salmon dan lainnya.

"Kandungan kolesterol pada makanan ini memang ada dalam jumlah sedikit, tetapi tidak cukup untuk memengaruhi peningkatan kolesterol. Makanan laut justru memiliki lemak sehat omega 3 yang dapat membantu melindungi hati," kata Duong selaku ahli gizi spesialis kesehatan jantung.

Baca Juga: Sering Makan Sendirian Ternyata Bisa Memicu Risiko Penyakit Jantung" selengkapnya

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com