5 Menu Sarapan Terbaik untuk Penderita Asam Lambung, Cek Daftarnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 10 Jan 2022 06:00 WIB
10 Resep Olahan Kentang yang Gurih Pedas Buat Menu Akhir Pekan
Foto: iStock
Jakarta -

Penderita asam lambung perlu menjaga pola makannya. Saat sarapan, lima menu sarapan ini menjadi pilihan paling baik dan aman untuk dikonsumsi. Berikut daftarnya.

Kondisi asam lambung perlu dijaga dengan mengatur pola makan. Beberapa makanan diketahui bisa memicu gejala asam lambung dengan cepat yang membuat penderitanya tidak nyaman.

Sebut saja makanan pedas, makanan asam, minuman soda, hingga minuman mengandung kafein. Karenanya penderita asam lambung disarankan memilih makanan yang benar-benar tepat nutrisinya.

Livestrong (8/6/2021) mengungkap 5 menu sarapan paling baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Berikut daftarnya:

1. Buah rendah asam

Makanan asam menjadi salah satu pemicu terbesar untuk naiknya asam lambung. Saat sarapan, hindari konsumsi buah atau jus buah yang memiliki kadar asam tinggi seperti nanas, kiwi, jeruk, dan buah citrus lainnya.

Sebaliknya, pilih buah rendah asam untuk mengawali hari. Beberapa pilihan yang aman adalah apel, pisang, semangka, melon cantaloupe, dan pir.

2. Daging rendah lemak

dada ayamDada ayam jadi salah satu menu sarapan terbaik untuk penderita asam lambung Foto: iStock

Makan daging saat sarapan bukan hal buruk lantaran bisa memenuhi kebutuhan protein harian, namun hindari daging tinggi lemak seperti bacon dan sosis. Jenis daging ini tergolong lambat dicerna dan bisa memicu lonjakan asam lambung.

Pilih daging rendah lemak yang aman untuk pencernaan. Misalnya dada ayam, daging ham, dan jenis daging rendah lemak lainnya.

3. Oatmeal

Jadi menu sarapan favorit banyak orang, oatmeal ternyata juga bagus untuk sarapan penderita asam lambung. Oatmeal tinggi kandungan serat yang membuat seseorang bisa merasa cepat kenyang dan berakhir makan lebih sedikit.

Kondisi ini penting untuk penderita asam lambung karena makan berlebih bisa menyebabkan gejala dada seperti terbakar (heartburn) yang merupakan salah satu gejala asam lambung. Supaya lebih bernutrisi, penderita asam lambung bisa makan oatmeal dengan topping selai kacang yang kaya lemak sehat.

4. Telur

Apa Itu Diet Telur Rebus? Ini 5 Aturan dan FaktanyaKonsumsi telur rebus yang mengenyangkan bagus untuk penderita asam lambung Foto: Getty Images/iStockphoto/junpinzon

Menu sarapan paling baik untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah telur. Tinggi protein, makan sebutir telur saja saat sarapan sudah mengenyangkan dan memuaskan.

Efek yang ditimbulkan, seseorang jadi makan lebih sedikit sehingga terhindar dari gejala asam lambung yang bikin tak nyaman. Untuk kamu yang sensitif dengan kandungan lemak, mengonsumsi putih telur saja bisa jadi pilihan.

5. Kentang

Kentang adalah sumber karbohidrat kompleks yang bagus untuk kesehatan. Kentang juga mengandung serat dan banyak nutrisi lain yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Namun pastikan mengolah kentang dengan cara sehat seperti mengukus atau merebusnya. Jangan menggoreng kentang karena kandungan lemak tinggi bisa memicu asam lambung naik.



Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)