7 Makanan Orang Diet yang Paling Bagus Diungkap oleh Ahli Kesehatan!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 08 Jan 2022 05:00 WIB
Makanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970
Jakarta -

Makanan orang diet ada banyak jenisnya, namun kalau mau yang pasti bagus dan bernutrisi, tujuh makanan ini jadi pilihan pas. Ahli kesehatan mengungkap nutrisi di dalamnya yang membantu penurunan berat badan.

Diet adalah usaha yang susah-susah gampang. Kuncinya adalah memilih makanan yang tepat, olahraga, dan komitmen yang kuat untuk konsisten menjalaninya. Dengan hal ini, dietpun bakal berhasil.

Dalam hal memilih makanan yang tepat, ahli kesehatan melalui Healthline (5/1/2022) mengungkap makanan apa saja yang sifatnya bagus membantu penurunan berat badan. Makanan ini tinggi protein, serat, hingga asam lemak omega 3.

Berikut 7 makanan orang diet yang paling bagus:

1. Telur ayam utuh

Apa Itu Diet Telur Rebus? Ini 5 Aturan dan FaktanyaFoto: Getty Images/iStockphoto/junpinzon

Bukan rahasia lagi kalau telur ayam jadi menu andalan pelaku hidup sehat. Ahli kesehatan merekomendasikan makan telur ayam utuh yaitu putih dan kuningnya. Telur merupakan makanan padat nutrisi.

Pada kuning telur mengandung kolin dan vitamin D, sedangkan pada putih telur mengandung 4-6 gram protein per butir. Telur juga mengandung lemak yang membuat konsumsinya bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu kamu terhindar dari keinginan ngemil dan penurunan berat badanpun bakal lebih mudah dicapai.

2. Sayuran hijau

Pencinta sayuran boleh bersenang hati karena makanan favoritnya termasuk makanan orang diet paling bagus. Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan lainnya tinggi kandungan serat dan nutrisi yang bisa bikin kenyang sekaligus terhidrasi.

Sayuran hijau juga mengandung thylakoids, senyawa tanaman yang telah dikaitkan dengan peningkatan rasa kenyang dan manajemen nafsu makan yang lebih baik. Hal ini setidaknya sudah dibuktikan melalui dua penelitian pada manusia.

3. Salmon

Salmon merupakan ikan berlemak sehat yang jadi menu andalan pelaku diet. Salmon mengandung protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan nutrisi penting lain yang bakal membuat kamu kenyang dan mencapai berat badan ideal.

Bonus lainnya, salmon mengandung asam lemak omega 3 yang mengurangi inflamasi. Inflamasi erat kaitannya dengan obesitas dan penyakit metabolik. Kemudian salmon punya iodin yang salah satu perannya adalah memastikan metabolisme tubuh berjalan optimal. Kondisi ini penting untuk menurunkan berat badan. Selain salmon, kamu bisa konsumsi tuna, sarden, atau ikan mackerel.

Daftar makanan orang diet yang paling bagus masih ada di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com