5 Tips Makan Sehat Agar Resolusi Gaya Hidup Sehat Mudah Dijalani

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 06 Jan 2022 17:00 WIB
closeup woman eating healthy food salad, focus on salad and fork Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa
Jakarta -

Pola makan sehat jadi bagian resolusi gaya hidup sehat di awal tahun. Termasuk tips makan makan sehat yang penting dan mudah diterapkan agar berhasil.

Awal tahun dipenuhi dengan banyak resolusi untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan baik. Tak melulu membahas masalah diet, banyak orang yang ingin memulai tahun dengan pola makan yang lebih sehat.

Menurut ahli gizi Amirah Oyesegun, ada banyak tips kebiasaan makan sehat untuk menunjang agar resolusi di awal tahun lebih mudah dijalankan.

Mulai dari mengalihkan fokus ke tubuh, sampai memulai perubahan gaya hidup dan makan dari hal yang kecil-kecil.

Berikut beberapa tips kebiasaan makan untuk menunjang resolusi hidup sehat di tahun baru, dilansir dari Yahoo News (05/01).

Baca Juga: Ingin Sehat hingga Umur 100 Tahun? Ini 5 Makanan Sehat Rekomendasi Ahli Gizi" selengkapnya


1. Makanan Berserat dan Sayuran

makanan berserat tak trunkan berat badanmakanan berserat Foto: Getty Images

Menyantap makanan sehat bukan berarti orang-orang harus berhenti menyantap makanan yang mereka suka. Menurut Oyesegun, penting untuk memulai kebiasaan makan sehat dengan menambahkan menu makanan berserat serta sayuran ke dalam makanan yang kita sukai.

"Misalnya kalian suka pizza, dan kalian tidak mau berhenti makan pizza. Bisa dicari alternatif dengan menambahkan topping sayuran di atas pizzanya," saran Oyesegun.


Begitu juga dengan makanan lainnya, kuncinya adalah memulai perubahan pada kebiasaan makan secara bertahap. Apalagi jika dibantu dengan menambahkan sayuran atau makanan berserat ke dalam makanan yang disukai orang, pasti orang-orang akan lebih senang menjalani resolusi hidup sehat mereka.

2. Mulai dari Perubahan yang Kecil

Sports woman eating salad, standing with lots of healthy fresh food on the kitchen. Concept of losing weight, sports and healthy eatingSports woman eating salad, standing with lots of healthy fresh food on the kitchen. Concept of losing weight, sports and healthy eating Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

Perubahan pada pola makan atau diet tidak perlu drastis atau besar-besaran. Menurut Oyesegun, kebiasaan makan ini bisa dimulai dari perubahan yang paling kecil. Misalnya menyantap buah-buahan setiap harinya.

"Kalau di supermarket dan ingin hemat misalnya. Belilah paket buah-buahan atau sayuran yang lebih besar, karena harganya biasanya jauh lebih murah dibandingkan kita membeli ukuran kecil," ungkap Oyesegun.

"Banyak sekali pandangan bahwa buah atau sayuran beku itu tidak sesehat sayuran dan buah segar. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Pokoknya mulai lah memilih kebiasaan makan yang lebih sehat, perubahan kecil bisa berimbas besar di kedepannya," sambungnya.

3. Perhatikan Waktu Ngemil

Time for snack. Happy students eating pizza and chatting at homeTime for snack. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Kebiasaan yang sulit dilepaskan orang-orang adalah kebiasaan ngemil mereka. Jadi Oyesegun menyarankan agar orang-orang mulai menjadwalkan kapan mereka akan ngemil, atau menyantap kudapan.

"Satu hal yang saya sadari ketika membuat rencana untuk makan lebih sehat, adalah dengan menuliskannya. Misalnya menjadwalkan di buku menu makanan atau snack apa saja yang akan mereka makan, jadi orang-orang tak perlu bingung harus makan apa," tutur Oyesegun.

"Misalnya ngemil secara teratur di sepanjang hari, dan sudah menjadwalkan menu makanan apa saja yang akan kalian makan. Bisa menghentikan kalian dari rasa bingung saat memilih makanan," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Makanan Kaya Nutrisi Hasil Olahan Superfood"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com