Year in Review 2021

Hobi Jajan? Ini 3 Cara Pilih Jajanan yang Sehat dan Kaya Serat

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFood
Kamis, 30 Des 2021 14:40 WIB
Ilustrasi aneka kue
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Jajan memang jadi aktivitas yang mengasyikkan, bahkan merupakan hobi bagi sebagian orang. Sayangnya, kebanyakan orang lebih sering jajan makanan atau minuman yang kurang bergizi.

Padahal, jajan makanan yang kurang bergizi dapat berdampak pada kesehatan tubuh hingga mempengaruhi berat badan. Pasalnya, jajanan yang kamu konsumsi seperti semangkuk es krim, gorengan, kerupuk atau bahkan junk food bisa mengandung kalori yang besar acap kali terabaikan.

Selain itu, kebutuhan serat penduduk Indonesia masih terbilang kurang sehingga perlu mencari sumber-sumber asupan serat untuk melengkapi kebutuhan tersebut serta mendukung metabolisme dan fungsi tubuh yang optimal. Adapun berdasarkan data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018, 95,5 persen penduduk Indonesia masih kurang mengkonsumsi serat.

Jadi, ada baiknya kamu menjatuhkan pilihan pada jajanan yang sehat dan mengandung serat. Buat kamu yang masih bingung cara pilih jajanan sehat, kamu bisa ikuti tips yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

Cek Label Nutrisi

Makanan dan minuman di supermarket tentu memiliki label nutrisi yang terletak di bagian samping atau belakang. Pastikan jajanan yang kamu beli setidaknya memiliki 15% nilai harian atau daily value (DV) per porsi.

Pasalnya, jajanan yang mengandung nilai harian tersebut merupakan makanan atau minuman yang memiliki serat tinggi. Dalam hal ini, sumber serat yang baik adalah 3 gram per porsi.

Perhatikan Kadar Gula

Jajanan biasanya identik dengan makanan dan minuman manis. Ini artinya, kamu perlu memperhatikan kadar gula dalam jajanan tersebut. Gula memang merupakan sumber energi, namun jika terlalu banyak tentu bukan hal yang ingin kamu lakukan terus menerus. Oleh karena itu, carilah info akan kebutuhan asupan gula kamu.

Cobalah untuk berkonsultasi dengan pakar gizi sehingga kamu bisa mendapatkan asupan energi yang seimbang. Idealnya, kamu perlu memilih makanan dengan jumlah gula tambahan paling sedikit. Selain itu, pilih juga makanan yang terbuat dari gula alami atau tanpa pemanis buatan.

Pilih Jajanan Terbuat dari Gandum atau Buah

Memperhatikan bahan utama jajanan tentu juga jadi hal penting. Kamu bisa memilih bahan yang kaya serat seperti gandum atau buah-buahan. Kamu juga harus dapat membedakan perasa buah buahan dengan konsentrat dan jus buah merupakan dua hal yang berbeda. Adapun konsentrat buah merupakan hasil ekstraksi dari buah asli sehingga kamu akan mendapat manfaat dari buah tersebut.

Gandum diperkaya dengan biji-bijian yang kaya akan serat. Beberapa makanan yang kaya akan gandum di antaranya, pasta gandum utuh, quinoa, dan oatmeal. Kamu juga bisa memilih jajanan yang terbuat dari buah-buahan yang mengandung banyak serat dan vitamin seperti jeruk, stroberi, dan pisang, apel, dan pir.

Nah, itulah beberapa cara memilih jajanan yang sehat dan kaya serat. Buat kamu yang mau jajan sehat tapi tetap menyenangkan, kamu bisa mengonsumsi nata de coco (sari kelapa) dan jelly. Dilansir dari coconutkart, nata de coco merupakan hasil proses fermentasi air kelapa yang memanfaatkan bakteri baik acetobacter xylinum. Nata de coco memiliki kandungan yang sama baiknya dengan air kelapa murni, meski kandungan nutrisinya bisa berbeda.

Nata de coco juga dapat digunakan sebagai camilan karena mengandung banyak serat makanan dan kandungan lemaknya yang rendah. Mengandung serat larut dan tak larut, nata de coco juga dapat membantu mencegah sembelit, wasir, jantung koroner, radang usus buntu, kanker usus besar, diabetes, hingga obesitas, dan sebagainya.

Sementara itu, seperti dikutip dari medicalnewstoday, jelly umumnya terbuat dari gelatin. Namun, beberapa jelly juga ada yang terbuat dari rumput laut dan kerap dicampur dengan sari buah. Jelly biasanya mengandung tinggi protein dan bebas gluten sehingga baik bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat jelly di antaranya, membantu melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan stabilitas gula darah, menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Bicara soal jelly dan nata de coco, INACO Mini Jelly dan INACO Nata de Coco bisa menjadi pilihan jajanan sehat dan kaya serat untuk teman ngemil di rumah. Apalagi, di tengah pandemi saat ini, mengonsumsi camilan sehat dan kaya serat menjadi hal yang penting.

Mini Jelly INACOMini Jelly INACO Foto: dok. INACO

INACO Mini Jelly tersedia dalam berbagai varian rasa, yakni leci, mangga, anggur, nanas, jeruk, stroberi, dan melon dan dilengkapi dengan potongan nata de coco di dalamnya. INACO Mini Jelly juga tersedia dengan berbagai ukuran mulai dari kemasan isi pack kecil hingga dus besar 10 kg.

Sementara itu, INACO Nata de Coco tersedia dengan varian rasa vanila, mangga, leci, cocopandan, stroberi, dan jeruk. INACO Nata de Coco pun tersedia dalam bentuk sachet, cup 200 gr hingga toples ukuran 1 kg.

Tak hanya punya banyak varian rasa, INACO Nata De Coco hanya menggunakan nata de coco terbaik yang berasal dari 100% santan kelapa sebagai pengganti air kelapa. Formulasi ini digunakan untuk menghindari penggunaan aditif atau zat apa pun selama prosesnya. Selain itu, INACO Mini Jelly dan INACO Nata de Coco juga menggunakan 100% gula tebu berkualitas tinggi dan tanpa pemanis buatan.

Informasi lebih lengkap terkait produk INACO dapat dilihat di Facebook Sahabat INACO, Instagram @sahabatinaco, atau website www.inacofood.com. Saat ini, produk INACO dapat dibeli di INACO OFFICIAL STORE, Tokopedia dan Shopee.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Teh Tarik Jelly yang Menyegarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)