Berhenti Minum 2 Liter Soda Sehari, Wanita Ini Turun BB 57 Kg!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 28 Des 2021 11:30 WIB
Berhenti Minum 2 Liter Soda Sehari, Wanita Ini Turun BB 57 Kg! Foto: Mirror UK
Jakarta -

Kebiasaan makan tak sehat seperti ngemil dan minum hingga 2 liter soda sehari membuat wanita ini obesitas. Namun dengan komitmennya yang kuat, ia berhasil turun berat badan (BB) hingga 57 kg dalam setahun!

Pola makan tak sehat tidak hanya memicu penyakit, tapi juga kelebihan berat badan. Pada kasus terparah, seseorang bisa alami obesitas.

Jika ingin kembali hidup 'normal', butuh usaha dan komitmen yang kuat untuk seseorang berhasil menurunkan berat badan. Salah satunya dicontohkan wanita asal New South Wales, Australia bernama Jessica Lovejoy.

Mengutip Mirror UK (27/12/21), wanita 32 tahun ini sebelumnya memiliki pola makan tidak sehat. Hal ini membuat berat badannya mencapai 114 kilogram (kg) tahun lalu! Ia mengaku punya kebiasaan buruk minum soda.

"Setidaknya saya minum 2 liter Coke per hari dan sangat jarang minum air putih, saya selalu minum minuman bersoda," katanya. Jessica bahkan minum soda di pagi hari setelah bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur.

Berhenti Minum 2 Liter Soda Sehari, Wanita Ini Turun BB 57 Kg!Berhenti Minum 2 Liter Soda Sehari, Wanita Ini Turun BB 57 Kg! Foto: Mirror UK

Sering kali ia juga ngidam makanan yang aneh seperti adonan kue. Ia tak peduli kalau makanan itu tidak matang karena dirinya hanya ingin makan adonan kue.

Cemilannya juga tidak sehat seperti keripik kentang, cake, dan cokelat. "Saya hanya makan, tanpa memikirkan dampaknya untuk tubuh," katanya. Namun suatu hari ia merasa ingin mulai merawat dan mencintai tubuhnya sendiri.

Jessica berujar, "Saya berhenti makan cemilan tidak sehat dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat untuk saya dan membuat saya merasa lebih baik." Tak ada motivasi khusus, kata Jessica, keinginan untuk berubah ini datang begitu saja.

Kini Jessica bisa merasa lega karena berhasil menurunkan berat badan. Selang satu tahun, ia berhasil turun BB 57 kg dan berat badannya kini sekitar 57 kg.

"Saya jalani diet selama lebih dari satu tahun dan berhasil. Saya masih fokus mengonsumsi makanan sehat dan tetap memiliki self-control sekarang," ujar Jessica.

Berhenti Minum 2 Liter Soda Sehari, Wanita Ini Turun BB 57 Kg!Berhenti Minum 2 Liter Soda Sehari, Wanita Ini Turun BB 57 Kg! Foto: Mirror UK

Berikut pola makan Jessica sebelum diet:

Sarapan: tidak sarapan
Cemilan pagi ke siang: tidak ngemil
Makan siang: KFC, McDonald's, makanan takeaway restoran, dan lain-lain
Cemilan siang ke sore: keripik, cokelat, biskuit
Makan malam: biasanya daging dan 3 sayuran
Dessert: keripik, es krim, cokelat, biskuit.

Pola makan Jessica setelah diet:

Sarapan: sereal Sultana brand dengan susu almond, pisang, roti gandung plus selai kacang atau selai aprikot. Secangkir teh dengan susu skim dan stevia
Cemilan pagi ke siang: crackers gandum dengan selai kacang atau Vegemite, atau yogurt dengan buah, jagung dengan selai kacang.
Makan siang: salad ayam, sisa daging dari makan malam. Secangkir teh
Cemilan siang ke sore: sama seperti cemilan siang
Makan malam: banyak sayuran, protein biasanya ayam, pasta, kentang, atau nasi. Tumis sayuran
Dessert: Buah dan yoguru dengan muesli panggang madu dan mungkin buah prunes atau apel dengan selai kacang.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com