5 Makanan Sehat yang Ampuh Atasi Pilek dan Flu di Musim Hujan

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 16 Des 2021 08:00 WIB
Young businesswoman with clpd and flu virus blowing nose while working in the office. Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic
Jakarta -

Musim hujan tiba membuat banyak orang terserang pilek dan flu. Untuk mengatasinya, kamu bisa rutin mengonsumsi makanan sehat seperti buah jeruk hingga madu.

Pilek dan flu kerap menyerang orang-orang di musim hujan seperti sekarang ini. Agar tetap bugar, setiap orang harus menjaga tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Dilansir dari Food NDTV (13/12), imunitas tubuh harus selalu terjaga selama musim hujan agar tidak terserang flu. Oleh karenanya, perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat antioksidan tinggi, anti inflamasi, hingga vitamin C.

Baca Juga: 10 Foto Kocak Masakan Gagal Buat Kekasih yang Bikin Ngakak

Berikut 5 makanan sehat yang ampuh dalam mengatasi flu.

1. Jeruk

Ngakak! Pria Ini Beri Hadiah Es Jeruk untuk Pengantin di Pelaminanjeruk Foto: iStock

Jeruk diketahui buah yang mengandung vitamin C tinggi. Dilansir USDA dalam 100 gram jeruk mengandung vitamin C sebanyak 53,2 miligram. Vitamin C dibutuhkan untuk menjaga imunitas tubuh.

Selain kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga kaya akan zat antioksidan. Zat antioksidan membantu tubuh tetap bugar dan tak mudah terserang penyakit, seperti flu.

Rutin mengonsumsi jeruk setiap hari bisa membuat imunitas tubuh tetap terjaga. Bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan jus. Jeruk peras yang hangat juga pas dinikmati saat musim hujan.

2. Bawang Putih

Bawang PutihBawang Putih Foto: iStock

Bawang putih salah satu bumbu dapur yang sangat diandalkan. Tak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan agar aroma dan rasanya makin sedap, tapi juga untuk pengobatan tradisional.

Pada zaman dahulu, bawang putih kerap digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Salah satunya dapat mengatasi flu. Karena, bawang putih mengandung zat anti inflamasi dan anti mikroba yang tinggi.

Kandungan tersebut dapat membantu dalam melawan infeksi yang menyebabkan flu. Kamu bisa mengonsumsinya mentah atau diracik menjadi minuman hangat.

Baca Juga: Tinggal di Rumah Warga Jember, Bule Ini Sarapan Sayur Bening

Cek halaman selanjutnya untuk makanan yang dapat mengatasi flu lainnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Chinese Food Porsi Mukbang Ala Pondok Selera"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com