Biasa Makan Gorengan di Pagi Hari? Lakukan 5 Hal Ini Agar Tubuh Tetap Sehat

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 14 Des 2021 08:00 WIB
gorengan
Foto: shutterstock
Jakarta -

Rasanya yang enak dengan tekstur renyah gurih, membuat gorengan sulit ditolak. Ada cara mudah untuk membuat kebiasaan makan ini jadi lebih sehat

Kebiasaan orang Indonesia, sampai sekarang masih familiar dengan sarapan gorengan dan makanan berminyak di pagi hari. Makanan yang berminyak dan digoreng ini memang sulit untuk ditolak.

Selain harganya yang relatif lebih murah, rasanya yang lebih enak, menu-menu gorengan, nasi goreng, sampai menu lainnya ini memang mudah ditemukan di pagi hari.

Menurut FOOD NDTV (13/12), ada beberapa tips mudah agar kebiasaan makan gorengan ini sedikit lebih sehat, dengan kebiasaan yang bisa kita terapkan setiap hari. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Praktis, Ini 5 Cara Jaga Pola Makan Sehat di Tengah Pandemi" selengkapnya

1. Air Hangat

Asian women in satin robes feeling unwell and sinus against gray background. Dust allergies. Flu. People caught cold and allergy.Air hangat Foto: iStock

Kalap makan gorengan di pagi hari, tentunya membuat tenggorokan jauh lebih 'seret' hingga berminyak setelah menyantap jajanan-jajanan ini. Cara yang paling mudah untuk mengurangi rasa tidak enak di tenggorokan adalah dengan meminum air putih hangat.

Air putih hangat selain membantu membuat tenggorokan menjadi lebih bersih. Air hangat ini banyak direkomendasikan para dokter untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, setelah menyantap makanan yang susah dicerna oleh tubuh.

Air hangat juga berguna untuk mengurangi rasa mual sampai batuk-batuk, setelah menyantap makanan berminyak secara berlebihan.

2. Teh Hijau

racikan teh hijau yang menyehatkan, bisa ditambahkan jahe, lemon, madu, hingga daun mint.racikan teh hijau yang menyehatkan, bisa ditambahkan jahe, lemon, madu, hingga daun mint. Foto: Getty Images/iStockphoto

Ada alternatif lain, selain air putih hangat yang bisa diminum setelah sarapan makanan berminyak di pagi hari. Salah satunya adalah dengan menyeduh teh hijau.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa teh hijau merupakan minuman kesehatan yang kaya akan flavonoid dan antioksidan. Kedua elemen ini mampu membantu menyeimbangkan kandungan oxidative, setelah tubuh mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan.

Rutin minum teh hijau setelah menyantap makanan berlemak atau berminyak juga mampu membuat BAB jadi lebih lancar. Teh ini juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung, serta menambah energi di pagi hari.

3. Rajin Makan Sayur dan Buah

Young woman eating a healthy saladMakan Sehat Sayuran Foto: Getty Images/iStockphoto/Minerva Studio

Saran ini mungkin terdengar sepele, dan banyak dianggap enteng oleh orang-orang. Tapi asupan buah dan sayur sangat berpengaruh, untuk kembali memulihkan tubuh setelah menyantap makanan berminyak yang tidak sehat.

Makanan berminyak seperti gorengan dan sebagainya sering kali membuat pencernaan jadi terhambat. Fungsi buah dan sayuran, mirip seperti pencahar alami yang kaya serat dan cairan natural di dalamnya.

Pilihlah buah dan sayur yang tinggi akan serat untuk makan siang, setelah sarapan makanan berminyak. Misalnya seperti bayam, kembang kol, pisang, apel sampai strawberry yang paling padat nutrisinya dan mengandung banyak serat.

Selain itu, kira-kira apa lagi yang bisa mengurangi dampak makan gorengan? Cek di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Bakso Kuburan dengan Sambal Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]