5 Manfaat Cengkeh dalam Minuman, Cegah Kanker dan Sehatkan Hati

Devi Setya - detikFood Jumat, 10 Des 2021 07:00 WIB
5 Manfaat Cengkeh dalam Minuman, Cegah Kanker dan Sehatkan Hati Foto: Getty Images/iStockphoto/deeaf
Jakarta -

Berbagai rempah memiliki khasiat alami untuk kesehatan. Seperti cengkeh yang bukan hanya harum tetapi juga memiliki khasiat ketika dijadikan campuran dalam minuman.

Cengkeh termasuk rempah yang sangat berharga, bahkan dahulu cengkeh dianggap lebih mahal dibandingkan emas. Aroma dan rasa harum khas dari cengkeh mampu membuat rasa makanan menjadi lebih lezat.

Tak heran kalau rempah berbentuk bunga ini sering dijadikan campuran dalam masakan, tak terkecuali untuk jenis makanan penutup ataupun minuman. Mencampur cengkeh ke dalam makanan atau minuman ternyata bukan hanya memberikan sensasi rasa dan aroma saja, tetapi juga manfaat sehat untuk tubuh.

Dilansir dari Web MD (9/12) cengkeh mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Rempah ini juga kaya kandungan antioksidan sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mencegah kanker, menangkal radikal bebas serta menjaga kesehatan fungsi liver.

Berikut manfaat sehat dari cengkeh dan cara mengonsumsinya:

1. Meredakan peradangan

Cengkeh mengandung betakaroten yang sangat tinggi. Salah satu jenis antioksidan ini berperan optimal untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu juga cengkeh berperan meredakan dan mencegah peradangan karena sifatnya antiinflamasi.

Cengkeh mengandung banyak senyawa yang bersifat anti-inflamasi. Eugenol salah satunya yang paling penting, zat ini telah terbukti mengurangi respons peradangan dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit seperti radang sendi dan membantu meredakan gejalanya.

5 Manfaat Cengkeh dalam Minuman, Cegah Kanker dan Sehatkan Hati5 Manfaat Cengkeh dalam Minuman, Cegah Kanker dan Sehatkan Hati Foto: Getty Images/iStockphoto/deeaf

2. Menangkal radikal bebas

Eugenol juga merupakan antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas, yang merusak sel dan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Cengkeh secara tidak langsung mencegah timbulnya berbagai penyakit dan mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Radikal bebas bisa berasal dari berbagai hal, termasuk paparan polusi dari kendaraan bermotor. Radikal bebas juga bukan hanya menyebabkan penyakit kardiovaskular tetapi juga merusak kesehatan kulit. Efeknya yakni kulit menjadi kering, keriput dan muncul flek hitam.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cita Rasa Ayam Bakar Rempah dan Tuna Kecombrang yang Nendang di Lidah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com