5 Tips Diet Sehat dan Aman Bagi Penderita PCOS

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 09 Des 2021 06:00 WIB
Asian beautiful women feel menstrual cramps and stomachache after menstruation.Hand holding stomach and belly after taking a medication.Problem and disorder of female body. Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay

4. Hindari Karbohidrat Olahan dan Lemak Jenuh

Karbohidrat olahan dan lemak jenuh menjadi musuh utama bagi kesehatan secara keseluruhan. Karbohidrat olahan ini misalnya seperti gula, makanan kemasan olahan, makanan cepat saji hingga minuman bersoda dan jus kemasan yang beredar di pasaran.

Karbohidrat olahan ini menjadi sumber karbohidrat yang tidak sehat karena mengandung kalori dan lemak yang cukup tinggi. Sementara lemak jenuh merupakan hal yang paling harus dihindari oleh penderita PCOS.

Penderita PCOS disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar indeks glikemik rendah untuk mencegah lonjakan insulin yang berbahaya. Karbohidrat olahan mengandung kadar indeks glikemik yang cukup tinggi dan berbahaya bagi penderita PCOS.

5. Minimalisir Konsumsi Olahan Susu

SusuFoto: Shutterstock/

Tidak banyak yang mengetahui bahwa susu dan produk olahannya juga berdampak pada sulitnya menurunkan berat badan. Mengurangi dan meminimalisir konsumsi susu dan produk olahan susu dinilai cukup membantu menurunkan berat badan lebih cepat terutama bagi penderita PCOS.

Mengurangi konsumsi susu dan produk olahannya juga dinilai mampu meningkatkan kesehatan usus dan penyerapan nutrisi yang lebih baik. Hal ini juga mampu mengurangi lonjakan hormon yang efeknya negatif bagi penderita PCOS.

Pasalnya susu dan beberapa produk olahannya masih mengandung lemak jenuh yang sangat harus dihindari oleh penderita PCOS. Sebagai gantinya, penderita PCOS bisa mengonsumsi susu nabati seperti susu kedelai, susu oat dan berbagai jenis susu selain susu hewani lainnya.

Baca juga: Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com