5 Tips Diet Sehat dan Aman Bagi Penderita PCOS

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 09 Des 2021 06:00 WIB
Asian beautiful women feel menstrual cramps and stomachache after menstruation.Hand holding stomach and belly after taking a medication.Problem and disorder of female body. Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay
Jakarta -

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) dialami beberapa wanita. Tidak perlu khawatir, untuk mengatasinya lima tips diet sehat ini aman dijalani penderita PCOS.

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan kondisi gangguan pada organ reproduksi wanita. Kondisi ini ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur hingga kadar androgen yang tidak stabil.

Pada wanita yang menderita PCOS biasanya akan mengalami gangguan kesehatan yang cukup mengganggu. Mulai dari kelebihan berat badan hingga obesitas, serta peningkatan risiko diabetes. PCOS berdampak pada ketidaknormalan hormon, resistensi insulin hingga inflamasi yang membuat banyak wanita penderitanya kesulitan menurunkan berat badan.

Untuk menghindari risiko obesitas tersebut, para penderita PCOS sangat disarankan menjaga pola makan sehat demi mengendalikan berat badannya. Setidaknya ada lima pola diet yang disarankan oleh ahli kesehatan bagi penderita PCOS agar bisa menjaga tubuh tetap sehat.

Berikut ini 5 pola diet yang sehat dan mana bagi penderita PCOS menurut Food NDTV (6/12):

Delicious colorful fruit salad close up. Fruits in background. Light summer food. The greatest wealth is health.  ~VirgilFoto: iStock

1. Tingkatkan Asupan Serat

Kandungan serat yang terkandung secara alami pada makanan sangat penting fungsinya untuk tubuh. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah, mengurangi inflamasi hingga menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Asupan makanan yang tinggi serat ini bisa didapatkan melalui beberapa bahan makanan berupa gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan serta sayur-sayuran. Menambahkan salah satu bahan makanan tinggi serat ke dalam piring makan diakui sudah cukup membantu bagi penderita PCOS.

Serat juga membuat kenyang lebih cepat dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Cara ini juga dinilai sangat baik karena dapat membantu penderita PCOS lebih mudah mengendalikan asupan makanan dan berat badan.

Baca juga: 5 Tips Diet Meisya Siregar yang Kian Bugar Usai Turun BB 26 Kg

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com