5 Manfaat Minum Cokelat Panas, Salah Satunya Jaga Imunitas

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 08 Des 2021 08:00 WIB
Manfaat Cokelat Panas untuk Kesehatan
Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital
Jakarta -

Saat memasuki musim hujan, minuman hangat jadi pilihan untuk menghalau dingin. Ternyata menikmati cokelat panas juga bisa memberikan lima manfaat sehat seperti berikut.

Minuman cokelat yang manis dan pekat rasanya memang cocok untuk menenangkan diri. Terlebih dinikmati sebagai cokelat panas di musim dingin, rasanya makin sempurna.

Tetapi selama ini popularitas cokelat panas hanya dikenal sebagai minuman hangat yang manis. Tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya cokelat hangat memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan sejarah suku Maya di Amerika Tengah, pada abad ke-16 cokelat sudah diperkenalkan di Eropa dan Spanyol sebagai salah satu 'obat' alami yang bisa menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan. Menikmati cokelat panas yang murni dan pekat tanpa tambahan pemanis atau bahan lainnya menjadi cara terbaik untuk menikmati cokelat.

Berikut ini 5 manfaat minum cokelat hangat untuk kesehatan menurut Brightside:

Manfaat Cokelat Panas untuk KesehatanManfaat Cokelat Panas untuk Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

1. Meredakan Nyeri Haid

Setiap bulannya perempuan akan kedatangan 'tamu bulanan' atau menstruasi. Biasanya sebelum menstruasi ada gejala-gejala yang dirasakan seperti kram perut, tubuh linu dan kaku, hingga berbagai gejala lainnya.

Ternyata konsumsi dark cokelat dalam bentuk cokelat hangat ampuh untuk meredakan nyeri. Kandungan di dalamnya meredakan dan menenangkan otot tubuh terutama otot perut saat menjelang menstruasi.

Pada saat mengalami kram, tubuh membutuhkan kandungan magnesium untuk mengatasi tegangan otot yang ada pada area perut, paha hingga pinggul. Cokelat panas memiliki kandungan magnesium yang sangat cukup untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut.

Baca juga: 5 Kesalahan Meracik yang Bikin Teh Jadi Minuman Tak Sehat