7 Minyak Goreng Paling Sehat untuk Masak, Ini Daftarnya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 08 Des 2021 07:00 WIB
7 Minyak Goreng Paling Sehat untuk Masak, Ini Daftarnya! Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30

6. Flaxseed oil

Minyak goreng paling sehat selanjutnya adalah flaxseed oil atau minyak biji rami. Nutrisi utamanya begitu diunggulkan yaitu tinggi asam lemak omega 3. Namun minyak biji rami kurang cocok untuk menggoreng karena sifatnya sensitif dengan panas dan bisa teroksidasi dengan cepat.

Minyak biji rami paling pas dijadikan salad dressing atau diperciki ke makanan lainnya.

7. Minyak kelapa

7 Minyak Goreng Paling Sehat untuk Masak, Ini Daftarnya!7 Minyak Goreng Paling Sehat untuk Masak, Ini Daftarnya! Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30

Minyak kelapa dianggap sebagai minyak paling sehat dengan klaim manfaat sehat yang juga banyak. Faktanya, minyak kelapa paling rendah kandungan 'lemak sehat' yaitu lemak tak jenuh.

Minyak ini juga tergolong mahal di pasaran. Pemakaiannya tidak disarankan sebagai minyak untuk masak karena tinggi kandungan lemak. Dietary Guidelines di Amerika Serikat bahkan merekomendasikan minyak kelapa digunakan layaknya mentega, hanya sebagai pelengkap karena lemak jenuhnya yang tinggi. Minyak kelapa disarankan dipakai untuk baking, bukan menggoreng makanan dalam jumlah banyak (frying).

Saksikan juga: 'Cara Kaya Pelihara 'Tuyul' Kripto'

[Gambas:Video 20detik]



Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com