7 Minyak Goreng Paling Sehat untuk Masak, Ini Daftarnya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 08 Des 2021 07:00 WIB
7 Minyak Goreng Paling Sehat untuk Masak, Ini Daftarnya!
Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30
Jakarta -

Sepintas minyak goreng terlihat sama, namun ada berbagai jenisnya yang perlu kamu tahu. Ini dia 7 minyak goreng paling sehat berikut kegunaan terbaiknya.

Kebanyakan minyak goreng memiliki nutrisi serupa dalam hal kandungan kalori dan lemak total. Namun minyak goreng berbeda dalam hal rasa, aroma, dan kegunaan masaknya.

Karenanya tak mudah menentukan mana minyak goreng paling sehat untuk masak. Hal ini karena setiap minyak goreng punya fungsi dan keunggulannya masing-masing.

Ada minyak goreng yang bagus untuk baking, menggoreng, menumis, atau bahkan dikonsumsi mentah. Menyoal manfaat sehatnya, minyak goreng tak sepenuhnya harus dihindari karena ada manfaat sehat dari konsumsi minyak goreng.

Mengutip Self (7/12/21), minyak goreng adalah komponen diet sehat karena mengandung asam lemak esensial dan vitamin E. Minyak goreng juga mengandung 'lemak sehat' berupa lemak lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal.

Namun mengonsumsi minyak goreng terlalu banyak juga tak dianjurkan karena kandungan sedikit lemak jenuh dan lemak di dalamnya. Lalu apa saja sih jenis minyak goreng paling sehat untuk masak?

Berikut daftarnya:

1. Minyak canola

7 Minyak Goreng Paling Sehat untuk Masak, Ini Daftarnya!7 Minyak Goreng Paling Sehat untuk Masak, Ini Daftarnya! Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30

Minyak canola banyak dipilih pelaku hidup sehat untuk menggoreng makanan. Ahli gizi Elizabeth Ann Shaw menjelaskan minyak ini memiliki titik asap tinggi yaitu 204 Celcius yang memang membuatnya bagus untuk menggoreng makanan.

Rasa minyak canola yang netral juga membuat minyak ini tidak 'merusak' rasa makanan sehingga ideal untuk menggoreng. Biasanya minyak canola juga dipakai untuk memanggang atau baking. Jenis minyak ini tidak disarankan untuk tumis dan salad dressing (saus salad).

2. Minyak zaitun extra virgin

Menyebut minyak goreng sehat, banyak orang langsung teringat minyak zaitun extra virgin atau extra virgin olive oil (EVOO). Ahli gizi Lisa Sasson merupakan salah satu penggemarnya. Jenis minyak zaitun ini memiliki titik asap rendah sehingga tidak cocok untuk menggoreng.

Memasak EVOO di temperatur tinggi bahkan bisa merusak rasa dan profil nutrisinya. EVOO paling disarankan untuk menumis makanan atau dipakai mentah sebagai salad dressing dan sejenisnya.