ADVERTISEMENT

Varian Omicron Meluas, Perkuat Imunitas dengan 10 Buah dan Sayuran Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 04 Des 2021 05:00 WIB
Viral di TikTok Makan Biji Pepaya Bisa Keluarkan Parasit Tubuh, Ini Kata Peneliti
Foto: iStock

4. Bawang putih

Siapa sangka bumbu dapur utama orang Indonesia ini berkhasiat menambah imunitas tubuh? Bawang putih mengandung senyawa mengandung sulfur bernama allicin yang membuatnya mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Manfaat lainnya, bawang putih bisa melawan infeksi dan membantu turunkan tekanan darah. Penggunaan bawang putih bisa sebagai bumbu masak, dimakan langsung, atau dijadikan teh.

5. Bayam

Manfaat Bayam Bagi KesehatanFoto: Getty Images/iStockphoto

Seperti halnya brokoli, bayam adalah sayuran favorit pelaku hidup sehat. Bayam tinggi kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Dalam pengolahannya, bayam juga mirip brokoli. Disarankan untuk dimasak seminimal mungkin untuk mempertahankan nutrisinya. Merebus atau menumis bayam sebentar bisa jadi solusi terbaik untuk membuat kandungan vitamin A-nya juga lebih mudah diserap tubuh.

6. Pepaya

Buah penambah imunitas ini disukai karena teksturnya lembut dan rasanya manis enak. Pepaya tinggi kandungan vitamin C, bahkan mampu memenuhi dua kali kebutuhan vitamin C harianmu lewat konsumsi satu buah pepaya ukuran sedang.

Pepaya juga mengandung enzim pencernaan bernama papain yang memiliki efek antiinflamasi. Bonus lainnya, pepaya mengandung mineral potassium dan magnesium yang semuanya baik untuk kesehatan tubuh.

7. Kiwi

kiwiFoto: iStock

Kalau suka buah yang manis asam sekaligus bagus untuk menambah imunitas, makanlah kiwi. Buah lembut ini adalah sumber nutrisi penting, termasuk folat, potassium, vitamin K, dan vitamin C.

Vitamin C meningkatkan kemampuan sel darah putih dalam melawan infeksi, sedangkan nutrisi lainnya pada kiwi membantu fungsi-fungsi tubuh lainnya tetap optimal.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT