Varian Omicron Meluas, Perkuat Imunitas dengan 10 Buah dan Sayuran Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 04 Des 2021 05:00 WIB
Viral di TikTok Makan Biji Pepaya Bisa Keluarkan Parasit Tubuh, Ini Kata Peneliti Foto: iStock
Jakarta -

Kasus varian Covid-19 kian meluas, bahkan sudah 'sampai' Singapura. Guna mencegah penularan varian Omicron, kamu bisa memperkuat imunitas tubuh lewat konsumsi 10 buah dan sayur ini.

Penyebaran varian Omicron semakin mengkhawatirkan. Beberapa negara telah mengumumkan dan mendeteksi adanya kasus varian Covid-19 Omicron. Salah satunya Singapura yang mengkonfirmasi 2 kasus impor Covid-19 Omicron.

Varian baru virus Covid-19 ini bisa dicegah dengan berbagai protokol kesehatan seperti sebelumnya. Mulai dari menjaga jarak, pakai masker yang pas, memastikan tangan tetap bersih, dan mendapatkan vaksin segera.

Selain itu, perkuat juga imunitas tubuh dengan konsumsi makanan yang tepat. Beberapa buah dan sayuran diketahui memiliki manfaat khusus dalam menjaga daya tahan tubuh.

Berikut 10 buah dan sayuran penambah imunitas yang disarankan pakar kesehatan seperti dikutip dari Healthline:

1. Jeruk

Jeruk dan buah citrus lainnya seperti grapefruit, lemon, dan jeruk nipis begitu disarankan untuk menambah imunitas tubuh. Jenis buah ini kaya vitamin C yang bisa meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam melawan infeksi.

Menikmati buah citrus juga tergolong gampang dan rasanya nikmat. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai buah segar, smoothies, isian salad, dan lainnya.

2. Paprika merah

Di balik warnanya yang terang, manfaat sehat paprika merah ternyata juga hebat. Sayuran ini bahkan mengandung vitamin C tiga kali lipat lebih banyak dari jeruk. Tak diragukan lagi manfaat konsumsi paprika merah untuk menambah imunitas tubuh.

Bonusnya, paprika merah juga kaya beta karoten yang akan diubah tubuh ke vitamin A. Fungsinya banyak, termasuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

3. Brokoli

Manfaat Sehat Brokoli untuk TubuhFoto: Getty Images/iStockphoto

Jadi sayuran favorit pelaku hidup sehat, brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Mulai dari vitamin A, C, E, serat, dan antioksidan lainnya.

Untuk mempertahankan nutrisi brokoli, pastikan tidak memasaknya seminimal mungkin. Penelitian membuktikan mengukus brokoli adalah cara terbaik mengolah sayuran renyah ini.

Simak video 'Varian Omicron Makin Dekat RI, Terkonfirmasi di Malaysia-Singapura':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com