4 Elemen Penting Agar Diet Sukses Menurut Ade Rai

Riska Fitria - detikFood Senin, 29 Nov 2021 05:00 WIB
4 Elemen Penting Agar Diet Sukses Menurut Ade Rai Foto: iStock
Jakarta -

Sebagai binaragawan, Ade Rai tahu betul cara mengatur pola makan yang baik, terutama ketika sedang berdiet. Ini elemen yang penting dalam diet.

Ade Rai dikenal sebagai binaragawan bertubuh kekar. Ia memang selalu menjaga bentuk tubuhnya tersebut. Tak hanya kekar dan atletis, tetapi juga bugar dan sehat.

Tentu saja Ade Rai memiliki pola makan yang sehat dan teratur. Dalam menjaga berat badannya, ia mengatur empat elemen penting yang berhubungan dengan makanan.

Menurut pria kelahiran 6 Mei 1970 tersebut, empat elemen dalam makanan itu yang terpenting ketika seseorang melakukan diet. Hal tersebut dijelaskan lewat channel YouTubenya (22/11/21).

Berikut 4 elemen tersebut:

1. Sumber

4 Elemen Penting Agar Diet Sukses Menurut Ade Rai4 Elemen Penting Agar Diet Sukses Menurut Ade Rai Foto: iStock

Ade Rai mengatakan bahwa sumber asupan dari makanan adalah elemen yang sangat penting saat diet. Dengan begitu, kita bisa mengatur strategi yang akan mengarahkan kita untuk sehat ataupun sebaliknya.

Misalnya adalah sumber karbohidrat, lemak, protein dan lainnya. Ade Rai menjelaskan bahwa sumber karbohidrat itu berbeda-beda. Ada yang sifatnya olahan, non olahan dan berserat tinggi.

Begitu juga dengan lemak, ada lemak olahan dan lemak alami. Dalam pilihan tersebut, Ade Rai menganjurkan untuk memilih yang baik untuk tubuh kita.

"Pilihan sumber ini akan mempengaruhi reaksi tubuh kita memberikan instruksi makanan tersebut mau dipakai apa, mau dipakai untuk pertumbuhan otot, sel, atau disimpan di sel lemak," ujarnya.

Baca Juga: Ini Siasat Ade Rai Makan Nasi Padang dengan Cara Sehat

2. Penyajian

4 Elemen Penting Agar Diet Sukses Menurut Ade Rai4 Elemen Penting Agar Diet Sukses Menurut Ade Rai Foto: iStock

Kemudian ada elemen penyajian yang berhubungan erat dengan kalori. Ade Rai mencontohnya pada gorenan yang digoreng dengan minyak yang terbuat dari tumbuhan atau sayuran.

"Bukan salah sayurnya, tapi lebih kepada proses yang terlalu lama, dengan pemanasan yang tinggi, akhirnya merusak nilai dan kualitas makanan sehingga terjadi keracunan," jelasnya.

Alih-alih minyak goreng, Ade Rai menyarankan untuk menggunakan butter yang lebih alami. Selain itu, Ade Rai juga menyarankan untuk memilih proses penyajian dengan direbus, dikukus dan dipanggang.

Baca Juga: Duh! 5 Kesalahan Diet Ini Bikin Berat Badan Justru Makin Naik

3. Jadwal

4 Elemen Penting Agar Diet Sukses Menurut Ade Rai4 Elemen Penting Agar Diet Sukses Menurut Ade Rai Foto: iStock

Untuk elemen jadwal maksudnya adalah waktu yang tepat kapan kita harus makan dan harus berhenti. Dalam penjelasannya Ade Rai ini memang sedikit mirip seperti intermittent fasting.

"Manajemen dalam hal jendela makanan dan jendela tidak makan. Kayak contohnya puasa 12-12, 14-19, 16-8, tapi tergantung ya, ini tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui," ujarnya.

Maksud dari 12-12 maksudnya adalah 12 jam makan dan 12 jam berhenti dan sebagainya. Ketika kita mengatur jendela makanan dan tidak makan maka akan terjadi satu shifting.

"Ketika puasa, tubuh mencoba menggunakan energi dari cadangan makanan yang kita miliki, sehingga terjadi pengurangan kalori," ujar Ade Rai.

4. Jumlah

4 Elemen Penting Agar Diet Sukses Menurut Ade Rai4 Elemen Penting Agar Diet Sukses Menurut Ade Rai Foto: iStock

Elemen jumlah maksudnya adalah lebih ke menghitung kalori yang masuk dan keluar. Dalam hal ini harus disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Ade Rai mencontohkan pada orang yang kelebihan berat badan itu tandanya kalori yang masuk lebih banyak dari yang keluar. Dalam diet, pembakaran kalori sangatlah penting.

Untuk pembakaran bisa dilakukan dengan berolahraga dari yang ringan. Bahkan melakukan kegiatan sehari-hari seperti menyapu, mencuci dan lainnya bisa membakar lemak.

Ade Rai menegaskan bahwa kebutuhan untuk memilih sumber makanan jauh lebih penting untuk dibandingkan kebutuhan untuk menghitung jumlah makan.

Baca Juga: Bertubuh Kekar dan Bugar, Ini 5 Pola Makan Sehat Ade Rai



Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat dari Shabu hingga Agemono"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com