Hati-hati! Ini 4 Bahaya Minum Air Sambil Berdiri untuk Kesehatan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 28 Nov 2021 08:00 WIB
Hati-hati! Ini 4 Bahaya Minum Air Sambil Berdiri untuk Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/DINphotogallery
Jakarta -

Minum air sambil berdiri tidak disarankan dalam Islam. Begitupun dari sisi ilmiah. Ternyata ini 4 bahaya minum air sambil berdiri untuk kesehatan.

Muslim mungkin sudah tak asing dengan larangan makan dan minum sambil berdiri. Larangan ini tercantum dalam hadits yang diceritakan Abu Hurairah RA. "Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan." (HR Muslim).

Kemudian hadits yang diceritakan Abu Sa'id Al-Khudri RA tertulis, "Nabi SAW sungguh melarang dari minum sambil berdiri. (HR Muslim). Ternyata bukan hanya dalam Islam, melainkan dari sisi ilmiah, minum sambil berdiri tidak disarankan.

Mengutip Health Shots (26/11/21), kebiasaan minum air putih sambil berdiri membahayakan kesehatan. Hal ini disampaikan pakar kesehatan Dr Vipul Rustgi. Ia bilang kebiasaan ini bisa memicu beragam masalah kesehatan.

Saat kamu berdiri, tubuh dan jaringan di dalamnya dalam keadaan tegang. Hal ini menyebabkan air mengalir dengan cepat ke tubuh hingga memicu gangguan pada keseimbangan cairan yang ada.

Berikut 4 bahaya minum air sambil berdiri untuk kesehatan:

1. Gangguan pencernaan

Minum air sambil berdiri bisa mendatangkan bahaya untuk sistem pencernaan. Hal ini lantaran air bakal mengalir dengan kekuatan dan kecepatan yang besar melalui saluran cerna dan langsung menuju perut bagian bawah. Kondisi ini begitu berbahaya.

Dr Rustgi mengatakan, "Saraf menjadi tegang ketika seseorang minum air dengan cepat sambil berdiri, yang mengganggu keseimbangan cairan, menyebabkan peningkatan racun dan gangguan pencernaan."

2. Picu radang sendi

Hati-hati! Ini 4 Bahaya Minum Air Sambil Berdiri untuk KesehatanHati-hati! Ini 4 Bahaya Minum Air Sambil Berdiri untuk Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/DINphotogallery

Bahaya minum air sambil berdiri juga berkaitan dengan sendi. Hal ini masih terkait kondisi saraf yang tegang. Kondisi ini bisa memicu penumpukan cairan di persendian yang pada akhirnya menyebabkan radang sendi.

Hal ini dijelaskan Dr Rustgi. "Minum air sambil berdiri dapat menyebabkan akumulasi cairan di persendian, dan dapat memicu masalah radang sendi, dan kerusakan sendi," ungkapnya.

3. Membahayakan kesehatan paru-paru

Saat kamu minum sambil berdiri, nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tidak bisa mencapai hati dan saluran pencernaan. Kondisi mengalirnya air dengan cepat karena minum sambil berdiri juga membahayakan paru-paru dan jantung karena tingkat oksigen terganggu dengan cara ini.

4. Masalah ginjal

Dari sisi medis diketahui bahwa ginjal akan menyaring cairan dengan lebih baik saat kamu dalam kondisi duduk. "Saat berdiri dan minum air, cairan cenderung lewat begitu saja tanpa penyaringan ke perut bagian bawah di bawah tekanan tinggi. Hal ini menyebabkan kotoran air mengendap di kandung kemih, dan merusak fungsi ginjal," kata Dr Rustgi. Hal ini bahkan bisa menyebabkan gangguan saluran kemih.

5. Cara minum yang dianjurkan

Hati-hati! Ini 4 Bahaya Minum Air Sambil Berdiri untuk KesehatanHati-hati! Ini 4 Bahaya Minum Air Sambil Berdiri untuk Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/DINphotogallery

Bahaya minum air putih sambil berdiri begitu nyata, lalu bagaimana solusinya? Kamu disarankan untuk minum sambil duduk dan menjaga punggung tetap tegak saat minum air.

Dengan cara ini, nutrisi mencapai otak dan meningkatkan aktivitas otak. Tidak hanya itu, pencernaan kamu akan membaik, dan kamu tidak akan merasa kembung, kata Dr Rustgi.



Simak Video "Manfaat Air Bulan Purnama"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com