5 Pola Makan untuk Panjang Umur Ini Gampang Diikuti

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 28 Nov 2021 07:00 WIB
ilustrasi ulang tahun Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Hidup sehat dan berumur panjang menjadi impian banyak orang. Lima pola makan yang mudah diikuti ini bisa memberikanmu umur yang lebih panjang.

Tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit didambakan oleh banyak orang. Senantiasa menjaga kesehatan tubuh bukan hal mudah yang bisa dilakukan tanpa perhatian khusus.

"Ketika kamu tahu apa yang harus dimakan untuk mendukung setiap pertahanan kesehatan, kamu juga harus mengerti bagaimana menjalankan pola diet untuk menjaga kesehatan dan mengalahkan penyakit," kata William W. Li selaku ilmuwan-dokter dan penulis Eat to Beat Disease: The New Science of How Your Body Heal Itself.

Menjaga tubuh dari penyakit kronis menjadi hal yang harus dilakukan untuk memperpanjang harapan hidup. Bukan hanya harus dilakukan ketika sudah berusia lanjut, pola makan sehat untuk mendapatkan umur yang panjang perlu dilakukan sedini mungkin.

Berikut ini 5 pola makan untuk agar berumur panjang yang mudah diikuti menurut Eat This, Not That (25/11):

Racikan Kopi Campur Susu Kedelai Bikin Wajah Awet MudaFoto: Getty Images/iStockphoto

1. Perbanyak Makan Kedelai, Teh dan Sayuran

Untuk mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan berumur panjang, kunci utamanya adalah menjaga pembuluh darah lancar. Makanan-makanan seperti kedelai, rutin minum teh hingga beberapa sayuran dinilai memiliki manfaat angio-preventive yang sangat baik.

Angio-preventif adalah manfaat yang datang dari sebuah asupan makanan untuk mencegah pembentukan penghambat pada pembuluh darah yang berdampak menyumbat aliran darah sehingga darah tidak bisa tersirkulasi dengan normal. Aliran darah yang baik ini dibutuhkan untuk menjaga semua organ tubuh berfungsi dengan baik.

Manfaat dari konsumsi kacang kedelai dan sayuran ini telah terbukti oleh para ahli yang berkaca dari pola hidup masyarakat Asia. Lebih banyak orang yang mengonsumsi kacang kedelai dan sayuran dan juga ditemukan lebih banyak orang yang memiliki risiko terkena penyakit jantung yang sangat rendah.

Baca juga: 10 Rahasia Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com