5 Pola Makan untuk Panjang Umur Ini Gampang Diikuti

ADVERTISEMENT

5 Pola Makan untuk Panjang Umur Ini Gampang Diikuti

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 28 Nov 2021 07:00 WIB
ilustrasi ulang tahun
Foto: ilustrasi/thinkstock

4. Konsumsi Makanan Antiinflamasi

Tidak bisa dikesampingkan juga bahwa mencegah penyakit memerlukan kekebalan imunitas yang cukup kuat. Selain menjaganya dengan konsumsi berbagai asupan vitamin, imunitas tubuh juga bisa dibentuk dengan konsumsi makanan yang mengandung komponen antiinflamasi.

Banyak bahan makanan yang secara alami memiliki kandungan antiinflamasi yang cukup baik dan bisa ditambahkan dalam setiap menu makan sehari-hari. Para ahli menyarankan makanan seperti minyak zaitun, cabai, brokoli, ikan tinggi lemak dan beberapa makanan lainnya untuk dikonsumsi guna mendapatkan manfaat antiinflamasi yang baik.

Antiinflamasi yang sudah masuk ke dalam tubuh ini akan bekerja dengan cara melawan virus, kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan mencegah peradangan yang mungkin mengganggu kekebalan imunitas. Konsumsi makanan seperti yang disebutkan para ahli sangat baik untuk mencegah gangguan kesehatan melalui peradangan akibat infeksi kuman, bakteri maupun virus.

5. Perbanyak Makanan Fermentasi

4 Manfaat Yogurt, Makanan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAWFoto: iStock

Di beberapa negara, terutama di Asia, konsumsi makanan fermentasi bahkan dijadikan pelengkap yang harus dihadirkan dalam setiap waktu makan. Ternyata tak hanya sebagai makanan pelengkap, makanan yang diolah dengan cara difermentasi ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik.

Makanan yang difermentasi memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan mikrobiota di dalam usus yang dampaknya akan memberikan kesehatan pada saluran pencernaan. Usus yang sehat juga diakui oleh ahli memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kekebalan imunitas.

Makanan seperti yogurt, kefir, kimchi, dan acar bagus dikonsumsi rutin untuk menjaga kesehatan usus pencernaan. Selain itu, beberapa makanan nonfermentasi yang juga direkomendasikan untuk kesehatan pencernaan adalah dark chocolate, buah kiwi hingga roti sourdough.

Baca juga: Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini


(dfl/dfl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT