5 Pola Makan untuk Panjang Umur Ini Gampang Diikuti

ADVERTISEMENT

5 Pola Makan untuk Panjang Umur Ini Gampang Diikuti

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 28 Nov 2021 07:00 WIB
ilustrasi ulang tahun
Foto: ilustrasi/thinkstock

2. Banyak Makan Ikan dan Sumber Flavonoid

Sel induk terdapat di seluruh tubuh terutama pada organ-organ vital. Misalnya seperti jantung paru-paru, sumsum tulang hingga usus. Fungsi utama dari sel induk ini adalah memelihara, memperbaiki, dan meregenerasi jaringan tubuh.

Seluruh asupan makanan yang dikonsumsi sangat mempengaruhi fungsi kerja dari sel induk tersebut. Makanan yang paling baik untuk dikonsumsi dan disarankan guna menjaga fungsi regenarasi tersebut adalah lemak sehat yang didapatkan dari ikan.

Minyak ikan mampu meningkatkan sel induk yang mendukung sirkulasi oksigen pada otot tubuh. Selain minyak ikan makanan seperti dark cokelat, teh hitam, minyak zaitun dan makanan tinggi flavonoid juga sangat disarankan untuk dikonsumsi.

3. Tambahkan Asupan Antioksidan

5 Sayuran dan Buah Tinggi Antioksidan, Bisa Jadi Pengganti Obat5 Sayuran dan Buah Tinggi Antioksidan, Bisa Jadi Pengganti Obat Foto: Getty Images/fcafotodigital

Menjaga kesehatan tubuh bukan hanya mempertahankan imunitas dan menjaga jaringan, beberapa makanan juga perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan DNA agar tubuh tak mudah sakit. Menjaga kesehatan jaringan DNA bisa dilakukan dengan cara meningkatkan asupan makanan tinggi antioksidan.

Bahan makanan sumber antioksidan ini sangat baik untuk mencegah penuaan pada seluruh organ tubuh bukan hanya yang tampak pada kulit. Konsumsi makanan seperti bayam dan sayuran hijau lainnya, wortel, brokoli, jeruk, buah beri, paprika merah, lentil, kacang navy, telur, sarden, almond, biji rami, biji labu, kopi, teh, kedelai, dan rempah-rempah seperti kunyit menjadi yang disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan tinggi antioksidan.

Beberapa sayuran ini mudah diolah menjadi berbagai masakan. Menambahkan beberapa makanan tinggi antioksidan yang disebutkan tadi juga sangat baik untuk mencegah radikal bebas yang mampu merusak sel-sel tubuh.

Baca juga: 5 Bakso Viral di Bogor Favorit Artis dan YouTuber, Pernah Coba?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT