5 Makanan Enak Ini Bisa Cukupi Kebutuhan Karbohidrat Sehat Penderita Diabetes

Devi Setya - detikFood Selasa, 23 Nov 2021 06:00 WIB
Tips Bikin Salad Foto: iStock
Jakarta -

Penderita diabetes tidak perlu menghindari makanan sumber karbohidrat. Tetapi bisa lebih bijak memilih sumber makanan yang sehat.

Banyak para penderita diabetes yang menghindari asupan karbohidrat. Padahal nutrisi ini penting sebagai sumber bahan bakar tubuh. Ada beberapa sumber karbohidrat yang sehat dan bisa menjadi santapan bagi pasien diabetes.

Dilansir dari Everyday Health (22/11) karbohidrat bukanlah musuh bagi penderita diabetes, termasuk untuk diabetes tipe 2. "Ketika Anda mengatakan 'karbohidrat', kebanyakan orang berpikir tentang gula," kata Meredith Nguyen, RD, seorang ahli gizi diabetes bersertifikat di Dallas-Fort Worth.

"Karbohidrat memberikan energi bagi tubuh. Tapi bukan berarti semua jenis makanan sumber karbohidrat bisa dan boleh dikonsumsi. Ini terkait dengan kandungan gula dalam makanan tersebut," lanjutnya.

Sebuah jurnal yang diterbitkan pada Juni 2018 dalam jurnal BMJ menyebutkan bahwa makanan seperti sayuran, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan serta produk susu merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes.

Berikut beberapa makanan enak yang mengandung karbohidrat sehat bagi penderita diabetes:

1. Susu


Susu dan produk susu lain seperti yoghurt serta keju mengandung gula dalam bentuk laktosa. Tapi ini adalah kelompok makanan penting yang bisa disantap orang-orang dengan diabetes. Susu mengandung protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan.

Protein dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh, kesehatan metabolisme serta menjaga massa otot. Penelitian yang dilakukan National Institutes of Health (NIH) menunjukkan mineral dalam susu dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung, otot, dan tulang.

Sebagai rekomendasi, sebaiknya pilih produk susu rendah lemak. Selain mengontrol gula darah, konsumsi susu rendah lemak juga membantu menjaga berat badan. Batasi juga konsumsinya, setidaknya minum susu satu gelas dalam sehari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bakso Viral di Bogor: Bakso Kering Yamin yang Ludes Diserbu "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno Selengkapnya