ADVERTISEMENT

Bagus Dikonsumsi Rutin, Ini 6 Cara Teh Hijau Bikin Panjang Umur!

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 13 Nov 2021 05:00 WIB
teh hijau
Foto: Thinkstock

5. Mencegah Kanker

Melalui penelitian yang pernah dilakukan, teh hijau ditemukan mampu mencegah berbagai jenis perkembangan kanker. Salah satu jenis kanker yang paling banyak ditemui bisa dicegah oleh teh hijau adalah kanker prostat dan kanker payudara.

Minum teh hijau juga dikatakan mampu meningkatkan protein antikanker secara alami yang dikenal dengan p53. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh peneliti dari Rensselaer Polytechnic Institute mengungkap sebuah interaksi antara komponen EGCG dalam teh hijau dengan protein p53.

Hasil dari penelitian yang dilakukan tersebut para ahli menemukan bahwa interaksi kedua komponen ini disebut sebagai protein kanker pada manusia yang sangat penting dan masih diperdebatkan. Selain itu untuk mengetahui manfaat teh hijau terhadap kanker yang telah berkembang tengah dilakukan juga penelitian konsumsi teh hijau yang diimbangi dengan perlakuan seperti kemoterapi, radioterapi hingga terapi imun.

Cold green teaFoto: Thinkstock

6. Meningkatkan Harapan Hidup

Sebuah penelitian panjang yang dilakukan menunjukkan bahwa kebiasaan minum teh hijau sangat baik untuk tubuh. Konsumsi teh hijau secara rutin juga dikaitkan dengan peluang hidup yang lebih panjang dibandingkan dengan tidak mengonsumsi teh hijau.

Salah satu penelitiannya dilakukan pada tahun 2020 yang melibatkan 1000 partisipan dari China. Hasilnya partisipan yang mengonsumsi teh hijau setidaknya tiga kali dalam seminggu dapat hidup lebih panjang dengan rata-rata 15 bulan dibandingkan yang tidak mengonsumsi teh hijau.

Para ilmuwan juga masih mendalami hasil tersebut untuk memahami dengan lebih baik mekanisme yang bekerja dengan mengonsumsi teh hijau pada risiko kehidupan seseorang. Para peneliti mencurigai beberapa alasan tersembunyi yang mungkin juga memengaruhi hasil tersebut salah satunya adalah gaya hidup yang dilakukan partisipan.

Baca juga: Bikin Panjang Umur, 8 Makanan Ini Jadi Santapan Orang Tertua di Dunia


(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT