5 Manfaat Sehat Kopi, Cegah Kanker hingga Bantu Turunkan Berat Badan

ADVERTISEMENT

5 Manfaat Sehat Kopi, Cegah Kanker hingga Bantu Turunkan Berat Badan

Devi Setya - detikFood
Kamis, 11 Nov 2021 05:00 WIB
Apakah Minum Kopi termasuk Sunnah Nabi Muhammad SAW?
Foto: iStock

2. Mencegah penyakit jantung, diabetes dan kanker

Berdasarkan penelitian, asupan kopi secara teratur terbukti mencegah berbagai penyakit. Satu studi menemukan bahwa minum tiga sampai lima cangkir kopi per hari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, menemukan fakta bahwa minum lebih dari secangkir kopi per hari membantu mengurangi resiko stroke pada wanita sebesar 25 persen. Dalam kopi juga mengandung senyawa yang membantu tubuh mengolah glukosa dalam tubuh menjadi energi. Dengan demikian minum kopi bisa menurunkan risiko diabetes tipe-2.

Bukan hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Kopi yang dikonsumsi secara rutin terbukti bisa mencegah kanker kolorektal, kanker prostat, endometrium dan kanker hati.

5 Kopi Terbaik dari Daerah Asal Organisasi Sumpah Pemuda5 Manfaat Sehat Kopi, Cegah Kanker hingga Bantu Turunkan Berat Badan Foto: iStock


3. Kopi meningkatkan kesehatan otak

Kandungan kafein dalam kopi membantu membuat seseorang menjadi lebih fokus. "Kopi adalah stimulan alami yang mengaktifkan sistem saraf pusat kita, membuat kita merasa semangat, sementara pada saat yang sama meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi, fokus, dan bereaksi dengan cepat," kata Rumsey.

Kopi bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan otak. Dalam satu penelitian mengungkap bahwa minum 3-5 cangkir kopi sehari dapat menurunkan resiko penyakit demensia dan alzheimer di usia lanjut. Jadi mengonsumsi kopi secara rutin bisa menghindari resiko pikun di hari tua.

Di samping efek jangka panjang, ternyata kopi juga memberi efek positif yang bisa langsung dirasakan. Kopi secara langsung bisa memberi 'tendangan' energi sekaligus membantu mengusir rasa kantuk di pagi hari.



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT