Berat Badan Tak Kunjung Turun? 5 Pola Makan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 09 Nov 2021 08:00 WIB
Pola Makan Salah Saat Diet yang Bikin Berat Badan Tak Kunjung Turun Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kalau sedang diet, sebaiknnya atur pola makan. Karena berat badan tak akan kunjung turun bisa jadi karena 5 pola makan yang salah. Apa saja?

Diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Tentunya para pelaku diet harus menjaga pola makan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

Makanan sehat dan bergizi seimbang yang tepat dikonsumsi pelaku diet harus mengandung protein, serat, hingga zat antioksidan yang tinggi. Fungsinya untuk melunturkan lemak tubuh.

Kalau sudah melakukan diet namun tidak mengalami perubahan, artinya ada pola makan yang salah. Dilansir dari Eat This (6/11), ada 5 pola makan salah yang kerap dilakukan. Mulai dari tidak mengonsumsi makanan berprotein tinggi hingga menyantap makanan saat perut sangat lapar.

Berikut 5 pola makan salah yang kerap dilakukan saat diet sehingga berat badan tak kunjung turun.

1. Tidak Sarapan Berprotein Tinggi

Saat berdiet tubuh harus diberikan asupan makanan tinggi protein. Sebaiknya menu makanan tinggi protein ini dikonsumsi saat pagi hari atau sarapan.

Makanan yang mengandung protein tinggi ini tak harus mahal, karena banyak juga yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Seperti telur ayam atau ikan laut. Makanan berprotein tinggi wajib dikonsumsi saat sarapan ketika kamu sedang diet.

Anthony Coffey selaku ahli diet menyebutkan kalau makanan yang mengandung protein tinggi dapat membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Hal tersebut tentunya baik dalam proses penurunan berat badan. Mengonsumsi makanan tinggi protein juga membuat rasa kenyang lebih tahan lama.

2. Menunggu Rasa Lapar

Pola Makan Salah Saat Diet yang Bikin Berat Badan Tak Kunjung TurunPola Makan Salah Saat Diet yang Bikin Berat Badan Tak Kunjung Turun Foto: Getty Images/iStockphoto

Banyak orang menganggap kalau harus mengonsumsi makanan saat lapar. Padahal, untuk orang yang sedang berdiet hal tersebut perlu dihindari. Karena, rasa lapar berlebihan biasanya malah memicu konsumsi makanan jadi lebih banyak.

Hal tersebut juga dijelaskan oleh Katelyn Barron selaku ahli diet. "Hal terburuk yang dilakukan orang yang sedang menurunkan berat badan adalah makan saat rasa lapar sekali," ujar Barrons.

"Banyak orang yang menurunkan berat badan beranggapan kalau melewatkan makan dapat membantu mereka mengonsumsi kalori yang rendah. Padahal itu malah terjadi sebaliknya, karena mereka akan merasa sangat lapar dan akhirnya makan terlalu banyak," lanjutnya.

Baca Juga: 5 Kreasi Mie Instan yang Creamy, Campur Susu hingga Yogurt

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com