Inilah 5 Jenis Diet Paling Efektif Turunkan Berat Badan Tahun 2021

Tim Detikfood - detikFood Sabtu, 06 Nov 2021 05:00 WIB
Cara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia Purba Foto: iStock
Jakarta -

Apa kabar resolusi diet kamu? Jika belum berhasil turunkan BB sesuai rencana masih ada waktu 2 bulan untuk menuntaskan resolusi dan punya tubuh ideal.

Memasuki November, orang makin sadar usia 2021 tinggal dua bulan lagi. Menilik resolusi di awal tahun, ada banyak keinginan untuk hidup lebih sehat dengan berat badan ideal. Sayangnya ini belum sempat terlaksana. Namun bukan berarti kamu sudah terlambat.

US News & World Report merilis daftar diet terbaik yang bisa kamu aplikasikan dengan kriteria keamanan, efektivitas dan praktik yang tidak 'ribet'.

Mengutip dari Eat This, Not That!, daftar ranking diet ditentukan setelah meminta penilaian dari 24 tenaga kesehatan, ahli kesehatan masyarakat dan autoritas gizi. Berikut 5 diet terbaik dari 39 jenis diet yang terpilih.

1. Diet flexitarian

Sebagian orang menganggap diet flexitarian jadi bagian dari jenis vegetarian. Namun diet tidak sepenuhnya mengeliminasi daging. Dari namanya, 'flexii' yang berarti fleksibel dan 'vegetarian', Anda diajak untuk memperbanyak konsumsi pangan berbasis tumbuhan plus sedikit daging.

Mengutip dari US News, istilah flexitarian kali pertama diciptakan oleh Dawn Jackson Blatner, ahli diet, dalam buku 'The Flexitarian Diet: The Mostly Vegetarian Way to Lose Weight, Be Healthier, Prevent Disease and Add Years to Your Life' (2009). Dengan prinsip sederhana ini, diharapkan orang tidak hanya memperoleh berat badan ideal tetapi juga jauh dari risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Bagaimana praktik diet flexitarian?

Diet menuntut kamu menambahkan lima kelompok makanan dalam diet harian yakni, protein non-daging (kacang-kacangan, polong-polongan atau telur), buah dan sayur, biji-bijian utuh, produk susu dan bumbu atau rempah. Kamu juga bisa mengikuti formula berikut.

* Rencanakan diet selama 5 minggu mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam.
* Gunakan rumus 3-4-5 kalori yakni, sarapan sekitar 300 kalori, makan siang 400 kalori dan makan malam 500 kalori. Untuk selingan atau camilan sebanyak 2 kali sehari sekitar 150 kalori per porsi. Dalam sehari total asupan harian sekitar 1.500 kalori.
* Ukuran kalori bisa berubah tergantung dari aktivitas, jenis kelamin, tinggi dan berat badan.
* Berikan variasi pada menu makanan per 5 minggu atau bisa dimulai perlahan dengan mencoba 2-3 minggu.

Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetableInilah 5 Jenis Diet Paling Efektif Turunkan Berat Badan Tahun 2021 Foto: iStock

2. Weight Watchers (WW)

Weight Watchers atau WW merupakan program diet untuk menurunkan berat badan yang dirancang oleh perusahaan milik Jean Nidetch. Melansir dari Everyday Health, berawal di rumah Nidetch saat beberapa temannya mencari dukungan untuk berdiet. Kini sudah lebih dari 4,5 juta orang mengikuti program diet WW.

Sebenarnya WW bukan pendekatan melainkan perencanaan yang perlahan dan stabil. Kamu tetap bisa makan apapun yang kamu suka. Namun tiap jenis makanan memiliki hitungan kalori termasuk jumlah lemak jenuh, gula dan proteinnya.

"Ini mempromosikan asupan berbagai macam makanan; oleh karena itu mendukung keseimbangan, semua makanan dianggap 'legal' untuk menghindari rasa kekurangan atau ngidam," jelas Susan Kraus, dari Hackensack University Medical Center di New Jersey.

Perusahaan menyediakan aplikasi khusus sehingga ada yang bertindak 'mengawasi' diet penggunanya. Aplikasi bersifat personal karena di awal kamu akan diminta mengisi berbagai data terkait kondisi tubuh dan kesehatan. Dari sini kamu akan dibantu dibuatkan rencana diet yang sesuai.

Pola diet apa saja yang terbukti efektif turunkan berat badan dan bikin kamu lebih sehat? Cek daftarnya DI SINI !



Simak Video "Keripik Kaca Kini Jadi Tren, Begini Proses Pembuatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com