Ubi Jalar vs Ubi Ungu, Mana yang Lebih Sehat dan Bernutrisi?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 03 Nov 2021 07:00 WIB
Ubi Jalar vs Ubi Ungu, Mana yang Lebih Sehat dan Bernutrisi? Foto: Getty Images/clubfoto
Jakarta -

Ubi jalar adalah jenis umbi yang populer di Indonesia. Ubi jalar memiliki berbagai warna seperti oranye, kuning, dan ungu. Dari sekian banyak jenis ubi jalar, mana yang paling sehat dan bernutrisi?

Selain kentang, ubi jalar adalah jenis umbi-umbian yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Ubi jalar disukai karena teksturnya yang empuk, lembut, dan rasanya cenderung manis.

Ubi jalar biasanya diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dijadikan hidangan lain seperti kolak, cake, sampai puding. Rasa ubi jalar yang enak juga diimbangi dengan nutrisinya yang kaya. Ubi jalar terkenal kaya vitamin A dan C.

Ubi jalar terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan warnanya. Ada ubi jalar putih, kuning/oranye, hingga ubi jalar ungu yang kemudian jamak disebut ubi ungu.

Nah, dari perbedaan warna ini, adakah perbedaan manfaat nutrisi ubi jalar? Lalu apakah ada jenis ubi jalar yang lebih sehat dibanding jenis yang lainnya?

Berikut detikfood merangkum fakta nutrisi ubi jalar putih, oranye, hingga ungu:

1. Nutrisi umum ubi jalar

Ubi Jalar vs Ubi Ungu, Mana yang Lebih Sehat dan Bernutrisi?Ubi Jalar vs Ubi Ungu, Mana yang Lebih Sehat dan Bernutrisi? Foto: Getty Images/clubfoto

Mengutip Livestrong (2/11/21), semua jenis ubi jalar adalah sumber karbohidrat kompleks yang bermanfaat memberi energi, termasuk untuk sel-sel tubuh dan otak. Soal nutrisi, satu buah ubi jalar matang ukuran sedang mengandung 23.6 gram karbohidrat atau memenuhi 8% kebutuhan harian seseorang akan karbohidrat.

Kemudian untuk kalorinya, ubi jalar mengandung 103 kkal dan tanpa lemak atau kolesterol jika dimakan tanpa tambahan bahan lain seperti butter atau krim. Protein yang terkandung di ubi jalar juga cukup tinggi, memenuhi 5% kebutuhan harian.

Lalu untuk seratnya sekitar 3,8 gram atau sekitar 15% kebutuhan harian. Serat ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan, termasuk mencegah sembelit.

Secara umum, profil nutrisi dari ubi jalar membuat konsumsinya sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan secara umum dan mencegah penyakit. Beberapa zat gizi unggulannya adalah vitamin A, vitamin C, potassium, vitamin B, mangan, magnesium, dan tembaga.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Hamil Anak Pertama, Siti Badriah Ngidam Ubi Cilembu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com