Skincare Alami! 5 Manfaat Keren Pakai Es Batu untuk Kulit Wajah

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 19 Okt 2021 08:00 WIB
brunette woman holding ice cube on her face Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya sebagai pelepas dahaga dan membuat makanan tampak segar. Es batu ternyata juga berfungsi untuk kesehatan kulit wajah bahkan jadi skincare alami.

Es batu selama ini digunakan untuk mendinginkan minuman, makanan sampai membuat bahan-bahan makanan seperti daging dan seafood tampak lebih segar dan tahan lama.

Menurut Healthline (18/10), ternyata fungsi es batu ini tidak hanya untuk mendinginkan makanan saja. Tapi juga bermanfaat untuk kulit wajah. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, dengan menggunakan es batu untuk mengurangi wajah yang membengkak sampai menangkis jerawat bandel di kulit wajah.

Berikut ada beberapa manfaat penggunaan es batu yang bisa jadi pilihan skincare alami yang bisa didapatkan di rumah.

Baca Juga: Skincare Alami dalam Tomat Bisa Tingkatkan Kolagen dan Kelembapan Kulit

1. Menangkis Jerawat

Beauty Female Face. Healthy Woman Face Close Up. Girl with Ice CubeBeauty Female Face. Healthy Woman Face Close Up. Girl with Ice Cube Foto: iStock

Ada seribu satu cara untuk menangkis atau membasmi jerawat yang ada di kulit wajah. Salah satunya menggunakan es batu, meski cara ini masih jarang dilakukan banyak orang yang lebih memilih menggunakan krim jerawat atau racikan lainnya.

Menurut situs Healthline, es batu bisa digunakan untuk mencegah sampai memerangi jerawat. Karena es batu ini bisa memperlambat peradangan pada kulit, serta mengecilkan pori-pori kulit yang memproduksi minyak berlebih.

Cara penggunaannya juga mudah, cukup balut es batu dengan kapas tipis yang lembut. Kemudian olesi secara perlahan ke area wajah selama beberapa menit. Penting untuk mengganti es batu dan kapas secara berkala.

2. Mencegah Mata Bengkak

cropped view of seductive woman holding ice cube in mouth, isolated on whitecropped view of seductive woman holding ice cube in mouth, isolated on white Foto: Thinkstock

Puffy eyes atau mata bengkak dan sembab setelah bangun tidur atau bahkan kurang tidur, ternyata bisa dikurangi dengan es batu. Memang hasilnya tidak langsung tampak.

Tapi menurut Mayo Clinic, es batu ini bisa mengurangi kantung mata di bagian bawah mata dengan mengkompresnya menggunakan es batu. Caranya juga mudah, cukup tekan es batu di area bagian bawah mata dengan tekanan sedang.

Kompres mata selama beberapa menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, bisa kompres mata dengan es batu yang terbuat dari minuman berkafein seperti teh atau kopi. Karena menurut salah satu studi dari tahun 2013, kafein ini bisa menekan kulit dan meningkatkan sirkulasi di sana.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com