Skincare Alami dalam Tomat Bisa Tingkatkan Kolagen dan Kelembapan Kulit

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 11 Jun 2020 09:00 WIB
Tomat untuk skincare alami Foto: Getty Images/iStockphoto/silvae
Jakarta -

Tomat bisa diandalkan sebagai skincare alami. Manfaatnya beragam seperti meningkatkan produksi kolagen hingga menjaga kelembapan kulit.

Tomat tak hanya enak dijus atau dijadikan topping salad saja, tapi juga baik untuk merawat kulit terutama wajah. Sejak lama sayuran juicy ini dipercaya punya segudang manfaat untuk kulit. Penelitian bahkan telah dilakukan untuk membuktikan hal itu

Tomat tinggi kandungan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk kulit. Beberapa manfaat unggulannya adalah melindungi seseorang dari kanker kulit, melawan tanda-tanda penuaan, hingga menjaga kelembapan kulit.

Lalu seperti apa cara menggunakan tomat sebagai skincare alami ? Manfaat lain apa saja yang didapat dari rutin mengonsumsi dan memakai tomat pada kulit? Healthline (10/6) merangkum informasinya seperti berikut:

1. Cegah kanker kulit

Tomat untuk skincare alamiTomat untuk skincare alami Foto: Getty Images/iStockphoto/silvae

Paparan tinggi sinar matahari adalah salah satu faktor risiko kanker kulit nonmelanoma. Jenis kanker ini bisa dicegah dengan rutin konsumsi tomat karena di dalamnya ada lycopene, senyawa yang membuat tomat berwarna merah.

Menurut peneliti, lycopene memiliki efek antikanker yang kuat meski penelitian telah berkisar seputar diet lycopene. Penelitian pada tikus yang diberi makan tomat membuktikan kalau mereka memiliki kasus tumor yang lebih sedikit dibanding tikus yang tidak diberi makan tomat.

Hal ini menunjukkan kalau tomat juga bisa mencegah perkembangan kanker kulit pada manusia. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah efek serupa terjadi saat tomat diaplikasikan langsung pada kulit.

Baca Juga: Selain Perkuat Tulang, Rutin Makan Tomat Terbukti Kurangi Risiko Kanker Kulit

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Sumsum Kambing dan Gulai Urat Sapi"
[Gambas:Video 20detik]