7 Tips Makan 'All You Can Eat' Anti Gemuk dari dr Richard Lee

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 08 Okt 2021 12:30 WIB
Hukum Makan di Restoran All You Can Eat dalam Islam Foto: iStock

3. Minum air putih

Tips makan AYCE berikutnya yang tak kalah penting adalah memerhatikan asupan minuman. dr Richard menyarankan hanya minum air putih, jangan minum air yang ada pemanis atau pewarnanya.

"Kenapa? Karena nggak penting. Kita makan tuh yang mahal dagingnya bukan minumannya. Minuman manis itu kalorinya tinggi banget dan itu buat kalian kenyang," katanya. Rasa kenyang inipun terbilang 'mengawang'.

"Kenyang tapi nggak kenyang-kenyang banget. Tapi kalorinya tinggi banget, manis banget," ujarnya. Air putih adalah pilihan terbaik. Kamu bisa minum air putih dingin atau hangat, sama saja.

dr Richard mengatakan, "Minum air apa saja, mau dingin atau panas, selagi tawar dan tidak ada pemanis, maka kalorinya akan nol. Justru minum air es lebih banyak bakar lemak," katanya.

4. Pilih daging mahal lebih dulu

Kenapa Wagyu Harganya Mahal? Ini Kata Chef dan Peternak di Jepang7 Tips Makan 'All You Can Eat' Anti Gemuk dari dr Richard Lee Foto: iStock

Tiba ke saat memanggang daging, pilihlah jenis daging yang lebih mahal dulu untuk dinikmati. "Sehingga jadinya bermanfaat. Kalau saya makan daging, sama sayur (selada) karena kaya serat. Sayur akan mengurangi penyerapan dari kalori," katanya.

Ia juga mengingatkan agar tak terlalu anti dengan daging sebab daging sebenarnya bagus. Wagyu, misalnya, kaya akan omega 3 dan omega 6 yang bagus untuk kesehatan jantung.

5. Hindari makan gorengan

"Gorengan itu kalorinya kayak berlipat-lipat ganda. Jadi semua makanan itu, kalau proses masaknya beda, maka kalorinya beda," ujar dokter sekaligus YouTuber ini.

Ia menyarankan tidak usah makan gorengan saat di restoran AYCE. "Kalian bisa skip 400 kalori ketika makan AYCE," ujarnya.

Ia juga mengaku sering makan AYCE dan menghabiskan banyak menu, namun berat badannya masih tetap terjaga. Hal ini karena sejumlah tips yang ia jalankan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com