7 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Coba Pola Makan Ini

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 07 Okt 2021 05:00 WIB
Makanan penurun tekanan darah tinggi Foto: iStock

3. Hentikan Asupan Kafein

Kafein memang belum terbukti secara jelas pengaruhnya dengan lonjakan tekanan darah tinggi. Tetapi para ahli kesehatan memperingatkan untuk selalu waspada dengan asupan kafein yang dikonsumsi.

Mengendalikan asupan konsumsi kafein harian dinilai menjadi suatu kebiasaan yang paling baik yang seharusnya dilakukan oleh banyak orang. Bahkan para ahli kesehatan menyaran untuk hanya mengonsumsi 1-2 cangkir kafein melalui kopi yang terbagi pada siang dan sore hari.

4. Perbanyak Konsumsi Wortel

Carrot juice in glass and fresh carrots Healthy food on a grey stone background.Foto: Getty Images/iStockphoto/AnnaPustynnikova

Bukan hanya baik untuk kesehatan mata, wortel punya manfaat yang jauh lebih kompleks. Kandungan fenol di dalamnya ternyata memiliki fungsi yang sangat baik.

Kandungan fenol dalam wortel bermanfaat sebagai klorogenik, pkumarik serta asam kafeat. Komponen-komponen tersebut dikatakan oleh ahli sangat baik untuk membantu merelaksasi aliran darah dan mengurangi inflamasi sehingga mampu menekan kadar tekanan darah di dalam tubuh.

5. Tambahkan Asupan Seledri

Bukan hanya sebagai sayuran untuk melengkapi hidangan, seledri juga memiliki manfaat kesehatan yang cukup terkenal. Manfaatnya tersebut datang dari kandungan phthalide yang ada di dalam seledri.

Phthalide memiliki manfaat untuk merelaksasi aliran pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Baik ditambahkan ke dalam makanan maupun diseduh dan minum airnya, khasiat seledri bisa didapatkan dengan mudah untuk menekan lonjakan darah tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Jus Wortel hingga Ceker Mercon Paling Dicari Orang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com