5 Makanan Tinggi Zat Besi Ini Bisa Kuatkan Imun dan Cegah Kelelahan

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 30 Sep 2021 06:00 WIB
Manfaat Daun Kelor Sebagai Superfood Kaya Khasiat Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi
Jakarta -

Zat besi dibutuhkan untuk membantu produksi sel darah merah, menguatkan imunitas, serta mengatasi kelelahan. Lima makanan tinggi zat besi ini disarankan untuk dikonsumsi secara rutin.

Kekurangan zat besi dikatakan dapat menyebabkan efek melemahnya imunitas, rambut rontok, keterlambatan menstruasi hingga beberapa gangguan kesehatan lainnya. Menurut para ahli, kasus kekurangan zat besi lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria.

Efek-efek tersebut disebabkan oleh produksi hemoglobin atau sel darah merah yang tidak efektif akibat zat besi yang kurang terpenuhi. Jika produksi sel darah merah ini berkurang maka tidak akan ada transportasi yang cukup bagi oksigen untuk mengalir ke seluruh tubuh.

Pada usia remaja, zat besi harian yang harus dipenuhi adalah sekitar 11 miligram untuk pria dan 9 miligram untuk wanita. Sedangkan untuk orang dewasa batas zat besi yang harus dicukupi adalah 11 miligram pada pria dan 8 miligram pada wanita. Namun untuk ibu hamil dan menyusui kebutuhan ini lebih banyak lagi yaitu sekitar 9-10 miligram per harinya.

Berikut ini 5 makanan tinggi zat besi yang direkomendasikan Hindustan Times (27/9):

biji wijenbiji wijen Foto: Istimewa

1. Biji Wijen

Ukuran biji wijen yang kecil ternyata mengandung nutrisi dan mineral yang sangat besar. Biji wijen dikatakan mengandung zat besi, tembaga, zinc, selenium, vitamin B6, hingga folat.

Mineral-mineral yang disebutkan ini sangat dibutuhkan untuk fungsi kerja tubuh yang normal dan efektif. Konsumsi biji wijen ini direkomendasikan karena cara pengolahannya yang sederhana namun padat gizi.

dr. Bhavsar selaku ahli kesehatan menyarankan untuk membuat bola-bola wijen yang bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat sekaligus asupan zat besi yang baik. Caranya dengan mengambil satu sendok teh madu dan biji wijen kemudian digumpalkan hingga menjadi bola-bola.

Baca juga: 7 Makanan dan Minuman Ini Dapat Melemahkan Imunitas, HindariKonsumsinya!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com