Petai Punya 5 Manfaat Sehat, Termasuk Cegah Covid-19

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 29 Sep 2021 11:30 WIB
Group of Petai, Parkia speciosa Foto: iStock

2. Memiliki Senyawa Antikanker

Petai memiliki senyawa bernama asam thiazolidine-4-karboksilat atau yang juga dikenal sebagai senyawa tiopronin. Senyawa ini yang membuat petai memiliki aroma seperti bau belerang yang cukup kuat. Tetapi tak hanya memproduksi bau, senyawa ini yang membuat petai memiliki khasiat untuk kesehatan.

Tiopronin merupakan agen pengikat nitrit yang umumnya digunakan dalam industri makanan khususnya daging. Dalam sebuah penelitian, tiopronin ini bertindak sebagai pengikat nitrit yang telah teruji efektif memiliki khasiat antikanker.

Bahkan kadar dari senyawa tiopronin ini dikatakan terkandung lebih banyak pada petai matang yang diolah dengan cara direbus. Dibandingkan dengan mengonsumsinya sebagai lalapan sebaiknya rebus petai terlebih dahulu untuk meningkatkan kadar kandungan senyawa yang berkhasiat ini.

3. Menyehatkan Usus

Group of Petai, Parkia speciosaFoto: iStock

Makan petai juga diklaim dapat menjaga kesehatan usus. Petai sangat disarankan untuk ditambahkan ke dalam menu diet untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan, mulai dari lambung hingga usus.

Kesehatan sistem pencernaan terutama pada usus diakui sangat penting untuk meningkatkan kekebalan imunitas tubuh melalui mikrobiota usus yang sehat. Pada Health Benefit Times, petai bahkan diklaim sebagai satu-satunya makanan yang dapat dikonsumsi tanpa membuat saluran pencernaan bekerja terlalu berat dan menimbulkan stres jangka panjang.

Petai juga diklaim dapat menetralkan tingkat keasaman dan mengurangi iritasi dengan melapisi saluran pencernaan terutama pada lambung. Tekstur dan karakteristiknya yang cenderung lembut dinilai sangat baik untuk menjadi sumber makanan tinggi serat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan tanpa memberatkan kerja sistem pencernaan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu komorbid atau penyakit bawaan yang dianggap sangat sensitif terhadap Covid-19. Penderita penyakit jantung atau orang-orang dengan bawaan penyakit jantung harus sangat menjaga dirinya dengan ketat agar tidak mudah terinfeksi Covid-19.

Pengidap komorbid atau penyakit bawaan berupa gangguan kesehatan pada jantung ini juga dinilai sangat berisiko untuk mengalami gejala Covid-19 yang cukup berat bahkan begitu mengancam nyawa. Konsumsi petai secara rutin ditemukan para ahli dapat menjaga kesehatan jantung dan mengatasi beragam keluhan yang muncul pada organ vital pemompa darah ini.

Kandungan serat, antioksidan serta elektrolit dan kalium dalam petai diklaim dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil sehingga kinerja jantung tidak akan mengalami gangguan fungsi. Serat dan antioksidan yang ada di dalam petai juga diakui dapat membantu mencegah pertumbuhan plak pada pembuluh darah di jantung.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com