Petai Punya 5 Manfaat Sehat, Termasuk Cegah Covid-19

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 29 Sep 2021 11:30 WIB
Group of Petai, Parkia speciosa Foto: iStock
Jakarta -

Petai ternyata memiliki manfaat yang menakjubkan dan telah terbukti melalui penelitian. Beberapa manfaatnya bahkan bisa mengatasi gejala dan mencegah Covid-19.

Sayuran berbau tajam ini menjadi kegemaran sebagian besar masyarakat Indonesia. Hampir tak pernah absen dalam beberapa jenis hidangan tradisional indonesia, petai ternyata punya manfaat yang cukup menakjubkan.

Sayangnya banyak juga orang-orang yang tidak tertarik untuk mengonsumsi maupun mencicipi petai karena aromanya yang kuat dan menempel kuat pada rongga mulut setelah dikonsumsi. Padahal di balik aromanya yang menyengat tersebut, beragam penelitian menunjukkan manfaat sehat petai. Salah satunya dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengobati beberapa penyakit.

Tanaman dengan nama latin parkia speciosa ini ternyata mengandung beberapa nutrisi dan mineral. Khasiat petai dipercaya dapat mengobati dan mengatasi beberapa keluhan penyakit. Mulai dari membantu menangkal radikal bebas hingga mengatasi komorbid atau penyakit bawaan yang dapat meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19.

Berikut ini 7 manfaat petai yang diakui dapat mencegah gejala Covid-19:

Satow Bitter BeansFoto: Getty Images

1. Menangkal Radikal Bebas

Beraktivitas di musim pandemi Covid-19 seperti saat ini dibutuhkan kekebalan imunitas yang begitu kuat. Menghindari asupan makanan yang dapat mengganggu kekebalan imun serta melindungi tubuh dari serangan radikal bebas sangat diperlukan.

Paparan radikal bebas menjadi salah satu yang paling berpengaruh pada kekebalan imunitas. Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kekebalan imunitas di masa pandemi.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam petai ternyata diakui sangat baik untuk dikonsumsi dengan tujuan menangkal radikal bebas untuk masuk dan mengganggu kekebalan imunitas tubuh. Kadar antioksidan yang terkandung dalam petai bahkan diakui dalam menjaga sel-sel yang ada di dalam tubuh untuk tetap kuat melawan radikal bebas yang dampaknya cenderung akan merusak.

Baca juga: 5 Minuman Ini Bisa Bikin Hasil Tes Antigen Positif Palsu, HindariKonsumsinya!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com