Hati-hati! Ini 3 Efek Kelebihan Konsumsi Minyak Kelapa Murni untuk Tubuh

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 29 Sep 2021 08:30 WIB
Efek Kelebihan Konsumsi Minyak Kelapa Murni Pada Diet Keto Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Minyak kelapa menjadi makanan yang umum dikonsumsi pelaku diet keto. Namun, jangan berlebihan mengonsumsi minyak kelapa karena dapat menimbulkan efek buruk untuk tubuh.

Pola makan yang harus dijalani dalam program diet keto adalah mengonsumsi lebih banyak protein dan lemak, sedangkan asupan karbohidratnya dikurangi. Dilansir dari Health Line (21/8), asupan protein dan lemak harus terpenuhi 70-75% per hari dan 20-25 gram datang dari karbohidrat atau setara 20%.

Karena diet keto lebih mementingkan asupan protein dan lemak, maka minyak kelapa murni menjadi bahan makanan yang diandalkan untuk mereka konsumsi. Diketahui kalau minyak kelapa sangat ramah terhadap pelaku diet keto, karena minyak ini lemak murni yang dapat memenuhi kebutuhan lemak tanpa menambahkan karbohidrat, seperti dikutip dari Health Line.

Minyak kelapa murni bisa dikonsumsi secara langsung. Bisa juga digunakan campuran untuk memasak dan perawatan kecantikan wajah dan rambut.

Walaupun ramah untuk diet keto, namun kalau kamu ingin menurunkan berat badan dengan cepat juga perlu membatasi asupan minyak kelapa murni. Batas asupan minyak kelapa yang baik tak boleh lebih dari 2 sendok makan per hari, karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menggunakan dan 3 efek kelebihan konsumsi minyak kelapa pada tubuh:

1. Kandungan Kalori Tinggi

Efek Kelebihan Konsumsi Minyak Kelapa Murni Pada Diet KetoEfek Kelebihan Konsumsi Minyak Kelapa Murni Pada Diet Keto Foto: Getty Images/iStockphoto

Meski minyak kelapa murni diketahui baik untuk pelaku diet keto, kamu juga harus tetap membatasi asupannya. Karena minyak kelapa murni mengandung kalori cukup tinggi yang berasal dari lemak jenuh.

Dalam 1 sendok makan minyak kelapa murni (14 gram) memiliki 120 kalori. Dilansir dari Eat This (22/9), minyak kelapa memang dianggap sebagai pilihan minyak yang sehat oleh sebagian orang, namun ada sekitar 80 hingga 90% kandungannya terdiri dari lemak jenuh, yaitu sekitar 11 gram per sendok makan.

Baca Juga: Rasulullah SAW Suka Minum Susu Kambing, Ini 7 Manfaat Sehatnya

2. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Efek Kelebihan Konsumsi Minyak Kelapa Murni Pada Diet KetoEfek Kelebihan Konsumsi Minyak Kelapa Murni Pada Diet Keto Foto: Getty Images/iStockphoto

Minyak kelapa mengandung lemak yang tinggi. Oleh karenanya tak boleh dikonsumsi secara berlebihan, ditakutkan dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Selain menyebabkan kolesterol naik, konsumsi minyak kelapa berlebihan juga dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Hal ini sudah teruji klinis, seperti laporan dari Circulation yang menyimpulkan bahwa minyak kelapa secara signifikan meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dibandingkan minyak sawit, zaitun, atau biji anggur.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Sandwich Sapi Teriyaki"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com