dr Zaidul Akbar Ungkap Makanan Ini Bisa Hambat Pemulihan Tubuh, Perlu Dihindari!

Diah Afrilian - detikFood Senin, 27 Sep 2021 07:00 WIB
ayam broiler Foto: Thinkstock
Jakarta -

Beberapa makanan memiliki efek buruk terhadap tubuh. dr Zaidul Akbar bahkan ungkap makanan yang dapat menghambat pemulihan pada tubuh.

Makanan memiliki kandungan-kandungan alami. Baik kandungan yang berguna bagi tubuh maupun kandungan yang harus dibatasi asupannya karena dapat memberikan efek yang cukup buruk.

Dalam Islam, peraturan untuk mengonsumsi makanan baik dari bahan maupun cara makan yang baik sudah diatur dengan sangat jelas. Diungkapkan oleh dr Zaidul Akbar, tata cara makan yang benar dalam Islam bahkan dijelaskan dalam QS. 'Abasa ayat 24 yang berbunyi:

Jika manusia bersikeras dengan keingkarannya, maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya yang dia makan setiap hari, dari mana makanan itu berasal?

Dalam ayat tersebut manusia diharuskan untuk berpikir dan memerhatikan makanan-makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Tak hanya itu cara makan dan porsi makan juga sepatutnya harus dibatasi dalam jumlah yang sehat.

Baca juga: dr Zaidul Akbar Ungkap Keistimewaan Daun Kelor untuk Cegah Pertumbuhan Kanker selengkapnya

tepung beras untuk pengananFoto: iStock/detikfood

Mengutip akun YouTube dr Zaidul Akbar Official (13/9), dr Zaidul Akbar mengatakan bahwa isyarat melalui surat 'Abasa tersebut menyuruh manusia untuk memikirkan baik-baik makanan dan asupan yang dikonsumsi. Asupan makanan perlu dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan tubuh bukan hanya keinginan hawa nafsu.

Rasulullah bahkan mencontohkan bagaimana seharusnya pola makan yang dilakukan oleh umat Muslim. Saat ada makanan, Rasulullah akan makan secukupnya tetapi saat tidak ada makanan, Rasulullah akan memilih untuk berpuasa.

Sayangnya dr Zaidul Akbar mengungkapkan dirinya banyak bertemu pasien yang konsultasi dengan dirinya terkait kesulitan untuk menjalankan pola makan yang baik. dr Zaidul Akbar kerap mencari sumber permasalahan kesehatan melalui pola makan yang dijalani oleh pasien-pasiennya.

"Saya biasanya tanya kepada mereka, biasanya gak makan tepung-tepungan, gula tinggi, makanan olahan atau ayam potong kan?" kata dr Zaidul Akbar.

ayam broilerFoto: Thinkstock

Sebagian besar jawaban yang beliau temukan adalah banyak sekali pasien yang datang berkonsultasi mengonsumsi makanan-makanan yang disebutkan tadi. dr Zaidul Akbar kemudian menyarankan untuk mulai berhenti mengonsumsi bahan-bahan makanan tersebut.

"Ternyata setelah di-stop banyak sekali yang bisa diperbaiki atau tubuhnya bisa merecovery (pulih) sendiri," kata dr Zaidul Akbar.

Menurut pengungkapan dr Zaidul Akbar hasil yang ditemukannya dengan perbaikan pola makan tersebut justru sangat baik. Para pasien yang awalnya datang untuk berkonsultasi terkait keluhan gangguan pola menstruasi justru didapati mengalami banyak perbaikan baik pada jantung, kesehatan otak hingga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Melalui pengalaman yang ditemui pada pasien-pasiennya tersebut dr Zaidul Akbar selalu menekankan bahwa makanan-makanan tinggi tepung, gula, olahan serta konsumsi ayam broiler potong sudah seharusnya dikurangi maupun diberhentikan. Pola makan tersebut bahkan sangat berpengaruh baik pada perempuan maupun laki-laki dalam semua usia.

Baca juga: Selain Menyehatkan, dr Zaidul Akbar Ungkap Keberkahan Air Madu



Simak Video "Gorengan Sehat? #ApasihYangGaBisa "
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com