dr Zaidul Akbar Ungkap Keistimewaan Daun Kelor untuk Cegah Pertumbuhan Kanker

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 17 Sep 2021 05:00 WIB
Daun kelor Foto: iStock
Jakarta -

Lebih dari sekadar tumbuhan biasa, daun kelor punya manfaat yang banyak. dr Zaidul Akbar bahkan mengungkap daun kelor bisa cegah pertumbuhan sel kanker.

Allah SWT menciptakan tumbuhan bukan dengan tanpa alasan. Semua tumbuhan yang tumbuh di muka bumi memiliki kandungannya masing-masing yang berkhasiat untuk beberapa kondisi kesehatan tertentu.

Suatu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia ternyata merupakan salah satu tumbuhan yang juga diakui memiliki beragam khasiat. Serupa dengan kurma dan zaitun, Indonesia ternyata punya tumbuhan yang juga tak kalah akan kandungan asam aminonya.

dr Zaidul Akbar yang Mempopulerkan JSRFoto: Koleksi Pribadi dr Zaidul Akbar

Pada salah satu kesempatan, dr Zaidul Akbar pernah mengatakan bahwa daun kelor memiliki kandungan asam amino, lemak sehat, serta mengandung
bahan mineral yang berperan sebagai antikanker. Baik dalam Islam maupun secara medis, daun kelor memang telah diketahui memiliki manfaat kesehatan yang begitu kaya.

Mengutip akun Instagram @dr.zaidulakbar_jsr (13/9) dr Zaidul Akbar bahkan menyampaikan bahwa daun kelor bisa dimanfaat sebagai obat alternatif untuk mengatasi pertumbuhan sel kanker. Konsumsi ekstrak daun kelor yang dilarutkan dalam air dikatakan sangat membantu untuk mengatasi kanker di dalam tubuh.

Baca juga: Daun Kelor Tertulis dalam Alquran, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Menurut keterangan yang disampaikan, ekstrak daun kelor dapat mengatasi beberapa jenis kanker. Mulai dari kanker ovarium, payudara, paru-paru, serviks dan beberapa jenis kanker lain.

dr Zaidul Akbar menyarankan beberapa tips untuk meracik daun kelor sebagai obat alami untuk mengatasi kanker. Pertama-tama kanker tetap perlu dipastikan melalui skrining medis untuk dilihat kondisinya dan dipastikan secara tepat terlebih dahulu.

daun kelor dan bangleFoto: iStock

dr Zaidul Akbar menyarankan untuk konsumsi daun kelor yang diseduh dengan tambahan madu atau gula aren secara rutin. Komponen antikanker yang ada pada daun kelor ini diharapkan akan membantu mengatasi perkembangan sel-sel kanker secara alami di samping pengobatan medis yang dilakukan untuk mengatasi kanker.

Caranya cukup dengan menyiapkan 1 sampai 2 sendok teh daun kelor bubuk atau ekstraknya yang kemudian diseduh dengan air panas dan ditambahkan madu murni atau gula aren sesuai selera. Seduh daun kelor dengan air panas dan tu nggu hingga suhunya menurun atau menjadi hangat.

Setelah seduhan daun kelor hangat bisa ditambahkan madu murni atau gula aren untuk menambahkan rasa manisnya. Konsumsi seduhan daun kalor sebanyak satu kali setiap hari dinilai sudah sangat cukup untuk membantu melawan sel-sel kanker secara alami.

Untuk mendapatkan manfaatnya yang lebih efektif, habiskan seduhan daun kelor tersebut selagi hangat. Jangan sampai suhunya menjadi dingin atau didiamkan terlalu lama agar efektivitas khasiatnya tidak menurun.

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Daun Kelor yang Sering Dikaitkan Hal Mistis



Simak Video "Gelar Lomba Masak Daun Kelor, Istri Gibran: Ada Edukasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com