7 Makanan Tinggi Probiotik Ini Bantu Jaga Kesehatan Usus

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 21 Sep 2021 10:30 WIB
Tempe Akan Didaftarkan Jadi Warisan Budaya UNESCO, Ini Komentar Indonesia Tempe Movement Foto: iStock

3. Kimchi

Kimchi dan Po Chai Picu Perseteruan Antara China dan Korea SelatanFoto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20

Makanan tinggi probiotik ini sudah akrab dengan banyak selera orang Indonesia. Kimchi asal Korea Selatan juga bisa dijadikan sumber probiotik harian yang enak, asam, dan menyegarkan.

Kimchi umumnya dibuat dari sawi putih, lobak, atau mentimun yang difermentasi dengan bakteri asam laktat. Jenis bakteri ini adalah sumber utama probiotik yang menyehatkan usus. Bonus lainnya, kimchi juga dibuat dengan rempah tambahan seperti jahe dan bawang putih yang masing-masing memiliki manfaat untuk kesehatan. Menemukan kimchi di Indonesia sekarang tak sulit karena dijajakan dalam bentuk kemasan siap makan di supermarket.

4. Tempe

Indonesia juga punya makanan tinggi probiotik yaitu tempe. Olahan kedelai fermentasi ini menawarkan rasa khas kacang dan tekstur kenyal yang enak. Tak heran kalau tempe jadi favorit banyak orang luar negeri, bahkan sampai dijadikan bahan alternatif pengganti daging.

Proses fermentasi tempe juga menambah nilai gizi kedelai. Sebab secara alami kedelai mengandung asam fitat yang menghambat penyerapan mineral, namun fermentasi menurunkan kandungan asam fitat yang membuat tubuh bisa menyerap mineral dengan lebih baik.

5. Cuka apel

A glass bottle of red apple vinegar. Fresh red apples in the background.Foto: Getty Images/iStockphoto/TolikoffPhotography

Populer di kalangan pelaku hidup sehat, biasanya cuka apel dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Namun cuka apel ternyata juga sumber probiotik yang baik. Pastikan memilih cuka apel yang mengandung kultur aktif dan hidup.

Cuka apel tidak direkomendasikan untuk diminum dengan cara diteguk sekaligus dalam jumlah banyak, tetapi cukup dijadikan 'dressing' salad atau bumbu marinasi hidangan. Manfaat lainnya, cuka apel rendah karbohidrat dan sodium.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com