6 Manfaat Nasi untuk Kesehatan, Bikin Kulit Mulus dan Stabilkan Tekanan Darah

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 17 Sep 2021 08:00 WIB
Manfaat Konsumsi Nasi untuk Kesehatan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Nasi tak hanya dikonsumsi agar perut kenyang, tapi juga memiliki beragam manfaat lain. Di antaranya bisa meningkatkan energi dan mengontrol tekanan darah.

Nasi diketahui sebagai makanan pokok orang Indonesia. Nasi biasa dikonsumsi bersama lauk pauk dan sayuran. Orang Indonesia juga biasa mengonsumsi nasi saat sarapan.

Para pelaku diet banyak yang menghindari konsumsi nasi karena makanan ini mengandung karbohidrat yang tinggi. Sehingga ditakutkan membuat lonjakan berat badan.

Padahal, nasi juga tergolong ke dalam makanan yang sehat. Dilansir dari Only My Health (16/9), nasi mengandung beragam nutrisi penting untuk tubuh. Seperti nasi putih yang tinggi mineral dan vitamin, di antaranya ada kalsium, iron, vitamin D, thiamine, dan riboflavin.

Nasi merah atau brown rice lebih banyak mengandung serat dibandingkan nasi putih. Kandungan lemak jenuh dan kolesterolnya juga sangat rendah, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Karena kandungan nutrisinya sangat penting untuk tubuh, tentu saja nasi memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Berikut 6 manfaat nasi untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Energi

Manfaat Konsumsi Nasi untuk Kesehatan TubuhManfaat Konsumsi Nasi untuk Kesehatan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Energi selalu dibutuhkan setiap hari untuk menjalani rutinitas. Oleh karenanya, kamu harus mengonsumsi makanan yang dapat mengenyangkan. Salah satunya adalah nasi.

Agar energimu meningkat, kamu bisa mengonsumsi nasi saat sarapan. Menu yang bisa kamu siapkan seperti nasi goreng atau nasi dengan lauk tinggi protein dan sayuran.

Baca Juga: Sisca Kohl Bikin Jajanan Pasar Rp 16 Juta, Ada Lemper King Crab dan Kaviar

2. Kaya Antioksidan

Ternyata di dalam nasi juga mengandung zat antioksidan yang tinggi. Salah satu manfaatnya dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan beragam penyakit.

Zat antioksidan pada nasi dapat melindungi jantung sehingga meminimalisirkan terjadinya penyakit jantung dan stroke. Jadi, tak ada salah mengonsumsi nasi secara rutin.

3. Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat Konsumsi Nasi untuk Kesehatan TubuhManfaat Konsumsi Nasi untuk Kesehatan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Nasi juga dikenal sebagai makanan tinggi serat. Kamu bisa menemukan kandungan serat yang tinggi pada nasi merah atau brown rice.

Dua jenis nasi tersebut bisa menjadi alternatif untuk melancarkan pencernaan. Kamu juga bisa mengonsumsinya saat diet, karena dapat membantu pelunturan lemak dalam tubuh.

Baca Juga: iPhone 13 Kalah Mahalnya dengan 5 Bahan Makanan 'Sultan' Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com