Hati-hati! 3 Minuman Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Obat-Obatan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 17 Sep 2021 10:30 WIB
Hati-hati! 3 Minuman Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Obat-Obatan Foto: TikTok/kosa_kata.idn
Jakarta -

Saat minum obat, banyak orang masih keliru dengan minuman pendamping yang boleh dikonsumsi bersamaan. Ternyata ini dia minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bersama obat-obatan.

Minum obat-obatan, baik seperti obat dalam masa penyembuhan maupun suplemen harian, dilakukan oleh banyak orang. Mulai dari bentuknya yang sirup, tablet, hingga kapsul.

Terlebih pada orang dewasa yang cenderung meminum obat dalam bentuk tablet, kapsul maupun kaplet ternyata ada hal-hal yang harus diperhatikan. Saat meminum obat ini ternyata tidak semua jenis minuman bisa dikonsumsi sebagai pendamping untuk membantu menelan obat.

Beberapa minuman memiliki kandungan aktif yang ternyata justru dapat mencegah penyerapan obat oleh tubuh. Mulai dari susu hingga kopi, beberapa minuman ini disarankan untuk tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat. Informasi ini dicantumkan dalam salah satu unggahan akun TikTok @kosa_kata.idn (13/9)

Berikut ini 3 minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat minum obat:

Hati-hati! 3 Minuman Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Obat-ObatanHati-hati! 3 Minuman Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Obat-Obatan Foto: TikTok/kosa_kata.idn

1. Susu

Walaupun menyegarkan dan termasuk ke dalam minuman yang tergolong sehat, tetapi konsumsi susu tidak bisa dilakukan pada semua situasi. Jika dikonsumsi pada saat sarapan bersama dengan roti panggang atau omelette, susu akan menjadi minuman yang cocok.

Tetapi jika dikonsumsi saat minum obat, susu bukanlah minuman yang disarankan. Minum obat bersamaan dengan susu justru akan menghambat penyerapan obat di dalam tubuh. Terutama obat-obatan yang berjenis antibiotik.

Susu dapat menghambat penyerapan obat dikarenakan kandungan protein susu yang dapat berinteraksi dengan zat obat tertentu sehingga membuat
obat tidak bekerja sebagaimana mestinya. Terutama pada obat-obatan antibiotik seperti levofloxacin, ciprofloxacin, dan jenis-jenis antibiotik lainnya.

Baca juga: Agar Obat Berkhasiat, Jangan Minum Obat dengan 7 Makanan Ini

2. Kopi

Jika diminum saat pagi hari atau saat sedang mengantuk kopi memang terasa akan sangat bermanfaat dan membantu menjaga fokus otak. Kandungan kafein pada kopi juga memang diakui sangat berkhasiat untuk membantu memproduksi energi secara instan.

Tetapi ternyata kopi tidak bisa dinikmati dalam berbagai situasi. Kopi tidak bisa dikonsumsi salah satunya pada saat minum obat atau beberapa waktu setelah selesai minum obat.

Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan intensitas efek samping obat. Misalnya seperti rasa gugup, gangguan tidur, dan peningkatan denyut jantung yang lebih cepat. Efek samping ini tentunya akan sangat mengganggu sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsi obat bersamaan dengan kopi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Legitnya Durian Susu di Lereng Gunung Semeru Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com