5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan

Riska Fitria - detikFood Kamis, 16 Sep 2021 05:00 WIB
5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan Foto: iStock
Jakarta -

Belakangan ini banyak restoran yang menawarkan hidangan daging yang dimasak setengah restoran. Bagaimana hal tersebut dalam pandangan Islam dan dalam segi kesehatan?

Siapa yang tak suka daging? Daging merupakan bahan makanan yang mengandung banyak protein. Dalam ajaran Islam, beberapa jenis daging yang dapat dikonsumsi adalah daging sapi, kerbau, ayam, kambing dan sejenisnya.

Tentunnya daging tersebut harus dari hewan yang disembelih atas nama Allah SWT. Daging kemudian dapat diolah menjadi berbagai makanan lezat. Mulai dari sup, sate, gulai hingga steak.

Biasanya khusus pada olahan steak, ada daging yang dimasak setengah matang untuk mendapatkan rasa aslinya. Namun, apakah hal tersebut diperbolehkan dalam Islam? dan bagaimana dampaknya bagi kesehatan?

Berikut ini penjelasan tentang makan daging setengah matang:

1. Hukum dalam Islam

5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan Foto: iStock

Secara umum, makan daging mentah diperbolehkan selama daging tersebut bukan termasuk hewan yang diharamkan. Dan juga tidak ada najis yang melekat pada daging tersebut seperti darah misalnya.

Dikutip dari Islam.nu, meskipun diperbolehkan tetapi para ulama memberikan pendapat mengenai makruh tidaknya mengonsumsi daging mentah atau setengah matang. Dalam kitab al-Iqna' dijelaskan bahwa makan daging mentah adalah makruh.

Namun, di kitab lain menyebutkan ketidak makruhan mengonsumsi daging secara mentah, sehingga hukumnya hanya, sehingga hukumnya hanya sebatas mubah. Seperti yang dijelaskan dalam kitab Ghidza' al-Aldab Syarh Mandzumah al-Adab:

"Dimakruhkan secara terus-menerus mengonsumsi daging, makruh pula mengonsumsi daging yang busuk dan daging yang mentah,".

Baca Juga: Wanita Ini Pamer Hobinya Makan Daging Ayam Mentah di TikTok

2. Haram Jika Membahayakan Diri

5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan Foto: iStock

Berbeda jika mengonsumsi daging mentah akan membahayakan diri sendiri. Misalnya seseorang meyakini bahwa dengan mengonsumsi daging mentah akan membuat kesehatannya terganggu. Atau penyakitnya bisa kambuh.

Dalam hal tersebut, maka makan daging mentah atau setengah matang adalah dilarang. Itu sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 195 yang artinya:

"Dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri," (QS Al-Baqarah:195).

3. Apakah Halal Mengonsumsi Daging Setengah Matang?

5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan Foto: iStock

Dalam surah Al An'am ayat 145, Allah SWT telah melarang hambanya untuk mengonsumsi darah. Sementara itu, dalam hal daging setengah matang ataupun daging mentah yang dikhawatirkan adalah masih adanya darah yang menempel.

Namun, para ulama sepakat bahwa darah semua jenis darah haram dikonsumsi. Darah yang dimaksud adalah darah yang bersifat mengalir dan memancar. Jadi, darah yang menempel di daging, urat atau tulang halal dikonsumsi.

Dan kembali lagi, itu hanya berlaku pada jenis hewan yang halal menurut syariat Islam. Lantas bagaimana dari segi kesehatan? apakah mengonsumsi daging mentah atau setengah matang bisa berbahaya?

4. Penjelasan dalam Islam

5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan Foto: iStock

Dari segi kesehatan, mengonsumsi daging setengah matang dinilai sebagai hal yang wajar. Sebab secara umum, kuman atau bakteri yang ada pada daging hanya bersifat aerob atau bisa hidup jika ada oksigen saja.

Sementara itu, di bagian dalam daging tidak terdapat oksigen, sehingga yang hidup hanya bakteri anaerob saja. Hal itu sah-sah saja jika daging dalam kondisi baik dan sehat.

5. Kasus Cacing Pita dalam Tubuh karena Makan Daging Mentah

5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan Foto: iStock

Pernah ada kejadian di China, di mana ditemukan cacing pita dalam tubuh seorang pria. Bukan hanya satu atau dua cacing saja, melainkan banyak. Bahkan ada yang panjangnya mencapai 6,2 meter.

Setelah diperiksa oleh tim medis dari Universitas Kesehatan di Tiongkok, awalnya pria tersebut mengalami sakit perut. Ternyata hal itu terjadi karena kebiasaan makan si pria yang hobi makan daging mentah.

Bahkan kebiasaan makan daging mentah itu sudah dilakukan selama 2 tahun. Dari itulah diduga cacing pita masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Kacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing Pita

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com