5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan

Riska Fitria - detikFood Kamis, 16 Sep 2021 05:00 WIB
5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan Foto: iStock

3. Apakah Halal Mengonsumsi Daging Setengah Matang?

5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan Foto: iStock

Dalam surah Al An'am ayat 145, Allah SWT telah melarang hambanya untuk mengonsumsi darah. Sementara itu, dalam hal daging setengah matang ataupun daging mentah yang dikhawatirkan adalah masih adanya darah yang menempel.

Namun, para ulama sepakat bahwa darah semua jenis darah haram dikonsumsi. Darah yang dimaksud adalah darah yang bersifat mengalir dan memancar. Jadi, darah yang menempel di daging, urat atau tulang halal dikonsumsi.

Dan kembali lagi, itu hanya berlaku pada jenis hewan yang halal menurut syariat Islam. Lantas bagaimana dari segi kesehatan? apakah mengonsumsi daging mentah atau setengah matang bisa berbahaya?

4. Penjelasan dalam Islam

5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan5 Fakta Makan Daging Mentah dalam Islam dan Kesehatan Foto: iStock

Dari segi kesehatan, mengonsumsi daging setengah matang dinilai sebagai hal yang wajar. Sebab secara umum, kuman atau bakteri yang ada pada daging hanya bersifat aerob atau bisa hidup jika ada oksigen saja.

Sementara itu, di bagian dalam daging tidak terdapat oksigen, sehingga yang hidup hanya bakteri anaerob saja. Hal itu sah-sah saja jika daging dalam kondisi baik dan sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com