ADVERTISEMENT

Sebaiknya Sikat Gigi Dulu Sebelum Sarapan, Ini Penjelasan Dokter Gigi

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 15 Sep 2021 08:00 WIB
closeup on happy young woman brushing teeth
Foto: thinkstock
Jakarta -

Jangan langsung makan di pagi hari. Para ahli menganjurkan untuk sikat gigi lebih dulu beberapa menit sebelum menyantap sarapan di pagi hari.

Kebiasaan sarapan saat bangun di pagi hari sebenarnya tidak ada yang salah. Bahkan rutinitas ini bisa menambah energi hingga membuat kerja otak lebih fokus di pagi hari.

Tapi ternyata banyak ahli kesehatan yang berpendapat sebaliknya. Banyak ahli kesehatan yang justru menyarankan orang-orang agar sikat gigi lebih dulu sebelum menyantap sarapan.

Tips ini viral dibagikan oleh beberapa dokter gigi di Amerika hingga Inggris. Ternyata kebiasaan sikat gigi sebelum sarapan ini memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan gigi.

Dilansir dari Daily Mail UK (15/09), berikut beberapa alasan mengapa para ahli menyarankan orang-orang untuk sikat gigi lebih dulu sebelum sarapan.

Baca Juga: Simak Pentingnya Sarapan Pagi untuk Dukung Aktivitas Seharian

1. Memancing Bakteri

Close-up of human teeth being drilled by dentistIlustrasi Gigi. Foto: iStock

Banyak orang yang lebih memilih makan sarapan di pagi hari sebelum sikat gigi. Salah satunya untuk menghindari rasa mint atau rasa dari pasta gigi, yang bisa menutupi rasa makanan yang disantap saat sarapan.

Walau kesannya sepele, tapi mahasiswa kedokteran bernama Ola yang viral di TikTok. Mahasiswa dari Tufts University, Massachusetts ini menjelaskan secara ilmiah mengapa menyantap sarapan di pagi hari sebelum sikat gigi adalah pilihan yang buruk.

"Kalian wajib sikat gigi saat pertama kali bangun tidur terutama di pagi hari sebelum menyantap sarapan. Karena hal ini bisa mencegah bakteri menumpuk yang muncul selama mulut tertutup semalam penuh," jelas Ola, yang tips videonya ini viral di TikTok.

2. Mencegah Gigi Berlubang

Dentist holding model of teethDentist holding model of teeth Foto: Getty Images

Sikat gigi sebelum menyantap sarapan bisa mencegah pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab gigi berlubang. Sementara menurut dokter gigi asal Inggris, Richard Marques, ia menjelaskan bahwa sikat gigi setelah makan justru bisa menghancurkan gigi.

Dokter gigi langganan para selebriti ternama ini menyarankan waktu yang paling ideal untuk sikat gigi di pagi hari, sebenarnya sepuluh menit sebelum menyantap sarapan.

Untuk menghindari kerusakan email gigi, atau lapisan paling luar pada gigi yang menjadi pelindung utama.

3. Jangan Langsung Sikat Gigi

sikat gigi saat puasasikat gigi Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Jika lupa dan sudah terlanjur makan sebelum sikat gigi di pagi hari. Dokter Richard sama sekali tidak menyarankan untuk langsung sikat gigi, karena efeknya sama bisa merusak lapisan email gigi apalagi jika dilakukan secara terus menerus.

"Jika lupa, sebaiknya tunggu sekitar 30 menit setelah makan sebelum sikat gigi. Karena lapisan email ini sedikit melemah untuk sementara waktu setelah gigi digunakan untuk makan," sambung Dokter Richard.

4. Manfaat Pasta Gigi

Woman hands squeezing toothpaste on bamboo. Wearing pink knitted sweaterWoman hands squeezing toothpaste on bamboo. Wearing pink knitted sweater Foto: iStock

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dokter Karan Raj, dokter dan ahli bedah yang punya lebih dari 4,4 juta followers di TikTok. Dokter Karan terkenal aktif membagikan informasi hingga tips, seputar kesehatan dengan bahasa yang mudah dimengerti banyak orang.

"Kalian wajib sikat gigi sebelum sarapan, bukan setelahnya. Sikat gigi sebelum sarapan ini bisa melindungi lapisan gigi dari kandungan asam yang ada di dalam makanan, apalagi jika kalian minum jus jeruk saat sarapan," tuturnya.

"Pasta gigi juga bisa memancing produksi saliva atau air liur, yang berguna mengurai makanan dan secara alami membasmi bakteri yang ada di dalam mulut," sambungnya. Sementara sikat gigi setelah sarapan justru merusak lapisan gigi.

5. Aturan yang Tepat

Young woman is eating breakfast cerealYoung woman is eating breakfast cereal Foto: iStock

"Aturan yang tepat itu, sikat gigi lalu sarapan kemudian minum kopi. Setelah menunggu 30 menit, kemudian baru sikat gigi dengan air yang mengalir," komen Dokter Raj.

Sementara menurut Dokter Richard, yang menangani Rita Ora, Dua Lipa hingga Anne-Marie. Sebenarnya yang paling penting adalah memberi jeda antara waktu sikat gigi dan waktu makan, begitu juga sebaliknya.

"Lapisan email gigi itu sangat penting, apalagi fungsinya melemah setelah terkena makanan. Jadi jangan ambil risiko dengan sikat gigi setelah kalian menyantapnya," pungkas Dokter Richard.

Untuk menjaga kesehatan gigi, kedua dokter ini menyarankan untuk mengurangi buah-buahan yang tinggi asam, makanan yang kaya gula dan susu. Penggantinya bisa sarapan telur, alpukat hingga madu.

Baca Juga: Menu Sarapan Pagi Sehat untuk Memelihara Kesehatan Usus



Simak Video "Nasi Kuning Sambal Roa yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT