Sebaiknya Sikat Gigi Dulu Sebelum Sarapan, Ini Penjelasan Dokter Gigi

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 08:00 WIB
closeup on happy young woman brushing teeth Foto: thinkstock

3. Jangan Langsung Sikat Gigi

sikat gigi saat puasasikat gigi Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Jika lupa dan sudah terlanjur makan sebelum sikat gigi di pagi hari. Dokter Richard sama sekali tidak menyarankan untuk langsung sikat gigi, karena efeknya sama bisa merusak lapisan email gigi apalagi jika dilakukan secara terus menerus.

"Jika lupa, sebaiknya tunggu sekitar 30 menit setelah makan sebelum sikat gigi. Karena lapisan email ini sedikit melemah untuk sementara waktu setelah gigi digunakan untuk makan," sambung Dokter Richard.

4. Manfaat Pasta Gigi

Woman hands squeezing toothpaste on bamboo. Wearing pink knitted sweaterWoman hands squeezing toothpaste on bamboo. Wearing pink knitted sweater Foto: iStock

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dokter Karan Raj, dokter dan ahli bedah yang punya lebih dari 4,4 juta followers di TikTok. Dokter Karan terkenal aktif membagikan informasi hingga tips, seputar kesehatan dengan bahasa yang mudah dimengerti banyak orang.

"Kalian wajib sikat gigi sebelum sarapan, bukan setelahnya. Sikat gigi sebelum sarapan ini bisa melindungi lapisan gigi dari kandungan asam yang ada di dalam makanan, apalagi jika kalian minum jus jeruk saat sarapan," tuturnya.

"Pasta gigi juga bisa memancing produksi saliva atau air liur, yang berguna mengurai makanan dan secara alami membasmi bakteri yang ada di dalam mulut," sambungnya. Sementara sikat gigi setelah sarapan justru merusak lapisan gigi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Rahang Tuna Bakar Sambal Rica-rica"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com