3 Alasan Protein Disebut Pembakar Lemak yang Bantu Turunkan BB

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 08:30 WIB
3 Alasan Protein Disebut Pembakar Lemak yang Bantu Turunkan BB Foto: Getty Images/iStockphoto/m44

4. Kunci penurunan berat badan adalah keseimbangan asupan kalori

3 Alasan Protein Disebut Pembakar Lemak yang Bantu Turunkan BB3 Alasan Protein Disebut Pembakar Lemak yang Bantu Turunkan BB Foto: Getty Images/iStockphoto/m44

dr. Dion menekankan meski protein menggunakan kalori lebih banyak dalam proses pencernaannya, perlu diingat bahwa jumlah ini tidak terlalu signifikan. "Tetap yang menentukan penurunan berat badan adalah keseimbangan kalori secara keseluruhan," jelas dr. Dion.

Ia menambahkan, "Semuanya harus seimbang. Dan pastikan juga diet yang dijalani bisa dilakukan jangka panjang." Ia tidak merekomendasikan diet yang menjanjikan penurunan berat badan dalam 2-3 hari saja.

"Kamu harus pastikan diet yang dijalani sustain dan bisa kamu nikmati dalam jangka panjang," ujarnya. Untuk asupan protein yang disarankan per hari adalah 0,8-1 gram protein per kilo gram berat badan.

Sumber lain menyarankan jumlah asupan protein per hari yang lebih tinggi yaitu 1,2-1,5 gram per kilogram berat badan. Lalu untuk yang mau menurunkan berat badan bisa mencoba di angka 1,5 gram protein per kilo gram berat badan.

5. Makanan tinggi protein dan rendah lemak

Untuk kamu yang mau menurunkan berat badan, konsumsi makanan tinggi protein dan rendah lemak sangat disarankan. Ada beberapa makanan yang bagus dikonsumsi sehari-hari.

Misalnya telur yang bagus untuk membangun massa otot. Tiap 100 gram telur mengandung 155 kalori dan 13 gram protein. Jika sedang menjalani program penurunan berat badan, lebih baik olah telur dengan cara direbus agar tak menambah kandungan lemaknya.

Lalu ada juga ikan tuna yang bisa dikonsumsi dalam bentuk segar ataupun tuna kalengan. Jenis ikan laut ini mengandung sekitar 20 gram protein per 100 gram, tergantung pada jenis ikan tuna yang digunakan. Tuna juga disebut sebagai sumber protein tanpa lemak yang bagus untuk jantung.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak yang Cocok untuk Diet

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com