3 Alasan Protein Disebut Pembakar Lemak yang Bantu Turunkan BB

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 08:30 WIB
3 Alasan Protein Disebut Pembakar Lemak yang Bantu Turunkan BB Foto: Getty Images/iStockphoto/m44

2. Protein membantu meningkatkan massa otot

3 Alasan Protein Disebut Pembakar Lemak yang Bantu Turunkan BB3 Alasan Protein Disebut Pembakar Lemak yang Bantu Turunkan BB Foto: Getty Images/iStockphoto/m44

dr. Dion mengatakan alasan lain protein bagus untuk menurunkan berat badan adalah karena kemampuannya meningkatkan massa otot. dr. Dion menjelaskan, "Massa otot adalah jaringan yang secara metabolik itu lebih aktif dibanding massa lemak."

Ketika ada dua orang berusaha menurunkan berat badan, orang yang memiliki massa otot lebih tinggi akan memiliki proses metabolisme yang lebih cepat. Efeknya, orang ini juga akan membakar kalori lebih banyak meskipun memiliki aktivitas fisik yang sama.

3. Karbohidrat dan lemak juga diperlukan

Meski protein punya peranan penting dalam menurunkan berat badan, konsumsi karbohidrat dan lemak juga tak kalah penting. "Kita perlu ketiganya. Nggak bisa salah satu atau salah duanya doang karena masing-masing punya peran," ujarnya.

Karbohidrat, misalnya, berperan sebagai sumber energi utama. "Serat juga bagian dari karbohidrat yang menjaga fungsi pencernaan, kesehatan usus, dan sebagai prebiotik," lanjut dokter ramah ini. Lalu ada lemak yang berguna dalam sistem hormonal, menjaga fungsi organ tubuh, hingga penyerapan vitamin tertentu.

Hanya mengonsumsi protein seumur hidup juga dinilai dr. Dion sangat sulit dipraktikkan. Pada sebutir telur, misalnya, hanya putih telur saja yang 'full' protein. Bagian kuningnya juga mengandung lemak yang sebenarnya bagus untuk kesehatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com