Selain Menyehatkan, dr Zaidul Akbar Ungkap Keberkahan Air Madu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 05:00 WIB
Selain Menyehatkan, dr Zaidul Akbar Ungkap Keberkahan Air Madu Foto: YouTube dr. Zaidul Akbar Official
Jakarta -

Madu yang disebut dalam Alquran ternyata bukan hanya menyehatkan. dr Zaidul Akbar juga menyebut konsumsi air madu memiliki keberkahan.

Dalam video ceramahnya di YouTube dr. Zaidul Akbar Official (30/8/21), dokter yang terkenal dengan konsep Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini menerangkan ciptaan Allah SWT ada yang ukuran besar maupun kecil.

"Ukuran yang besar kita sebut makro, ukuran yang kecil kita sebut dengan mikro atau nano. Kalau Anda membayangkan air kelapa, yang terlihat cuma air. Tapi sesungguhnya di dalam air kelapa ada begitu banyak zat gizi yang penting untuk tubuh kita," katanya.

Semua zat gizi yang terkandung dalam air kelapa itu tidak bisa dilihat dengan kasat mata. "Harus kita periksa di laboratorium, barulah kita tahu bahwa ternyata di dalam air kelapa itu terkandung banyak zat gizi penting," lanjutnya.

Ukuran-ukuran kecil seperti inilah yang disebut sebagai nano. Contoh partikel nano lainnya juga disebut dr Zaidul Akbar terkandung dalam air madu.

"Kalau Anda pandangi madu seperti ini, yang kita lihat cuma cairan kental berwarna cokelat. Tidak terlihat apapun di sini, tapi hasil dari lab akan menunjukkan bahwa madu mengandung bahan-bahan gizi penting yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia," ujar dokter lulusan Universitas Diponegoro ini.

Madu mengandung asam amino berlimpah yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. "Di dalam madu penuh dengan vitamin, mineral, enzim yang digunakan untuk menyeimbangkan atau menjalankan peran organ-organ tubuh kita secara seimbang," lanjutnya.

Selain Menyehatkan, dr Zaidul Akbar Ungkap Keberkahan Air MaduSelain Menyehatkan, dr Zaidul Akbar Ungkap Keberkahan Air Madu Foto: YouTube dr. Zaidul Akbar Official

Ia mengatakan bahwa madu adalah salah satu produk nano Allah SWT. Manfaatnya akan makin maksimal jika dicampurkan dengan bahan pelarut terbaik yaitu air putih.

Baca Juga: Minum Madu di Pagi Hari dan Rasakan 7 Manfaat Sehat Ini

"Air merupakan pembawa atau pelarut yang paling luar biasa untuk membawa pesan-pesan nano," katanya. Cara membuat air nano madu sangat mudah, tinggal campurkan beberapa tetes madu bersama segelas air.

Air memungkinkan nutrisi-nutrisi dalam madu bisa diserap dengan lebih mudah oleh tubuh. "Bahwa di dalam madu terdapat kesembuhan dan di dalam air terdapat kehidupan," ujarnya.

Dua produk penting ciptaan Allah SWT ini bisa membuat seseorang meraih keberkahan. "Jadikan minum air madu seperti ini menjadi salah satu kebiasaan Anda di rumah bersama keluarga. Sebagai salah satu cara kita mendapat keberkahan dari Allah SWT melalui dua produk pentingnya yaitu madu dan air," pungkasnya.

Selain Menyehatkan, dr Zaidul Akbar Ungkap Keberkahan Air MaduSelain Menyehatkan, dr Zaidul Akbar Ungkap Keberkahan Air Madu Foto: YouTube dr. Zaidul Akbar Official

Di dalam Alquran, madu dijelaskan dalam QS An Nahl ayat 68-69. Berikut adalah bunyi suratnya:

An-Nahl ayat 68:

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu)."

An-Nahl ayat 69:

"Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan".

Dari ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa madu adalah makanan yang istimewa. Madu bukan sekadar pemanis yang bisa dikonsumsi, melainkan juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Baca Juga: Fakta Tentang Madu, Makanan yang Dijamin Tidak Kadaluwarsa di Al Quran



Simak Video "Ayam Bakar Madu Viral dan Kisahnya yang Inspiratif"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com