7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 10 Sep 2021 19:30 WIB
7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov

3. Tidak minum kafein di sore hari

Kafein seperti yang terdapat pada kopi dan minuman energi ampuh membangkitkan fokus di siang hari, namun minuman kafein sebaiknya tak dikonsumsi di sore hari agar tidak mengganggu tidur.

Perlu diketahui, kafein masih bisa berada dalam tubuh selama 6-9 jam usai dikonsumsi. Waktu tidur yang terganggu nantinya bisa membuat kamu sulit menurunkan berat badan. Sebab peneliti mengungkap efek kurang tidur bisa meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan.

4. Makan banyak serat

7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat Langsing Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov

Selain protein, konsumsi banyak serat juga dianjurkan saat ingin menurunkan berat badan. Bonus lainnya, asupan serat berkaitan dengan tidur yang lebih nyenyak!

Mengutip Eating Well (10/9/21), dua penelitian terpisah menemukan seseorang yang makan sedikit serat namun konsumsi banyak gula dan karbohidrat olahan, lebih mungkin memiliki kualitas tidur yang buruk dibanding mereka yang makan lebih banyak serat dan minim gula. Sumber serat yang enak antara lain alpukat, brokoli, kacang-kacangan, hingga apel.

5. Minum teh chamomile

Minum teh hangat sebelum tidur diketahui bisa membuat tidur lebih nyenyak nantinya. Namun hindari minum teh hijau atau teh hitam karena tinggi kafein yang nantinya malah bisa mengganggu tidur.

Sebaiknya pilih teh chamomile karena mengandung fitokimia bioaktif yang bantu meningkatkan kualitas tidur. Teh chamomile juga memiliki sifat antiinflamasi yang bantu meredakan gangguan pencernaan atau perut yang mungkin bikin kamu tak nyaman saat tidur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com