ADVERTISEMENT

7 Buah Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 10 Sep 2021 08:30 WIB
7 Buah Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas
Foto: iStock
Jakarta -

Buah mengandung vitamin C tidak hanya jeruk saja, tetapi banyak buah lain yang kandungannya lebih tinggi. Vitamin C itu bisa sebagai antioksidan untuk meningkatkan imunitas.

Kebutuhan vitamin C memang harus terpenuhi dalam kehidupan sehari-sehari. Itu karena vitamin C memiliki peranan penting dalam menangkal radikal bebas seperti virus. Ramai orang tahu bahwa vitamin C terkandung di buah jeruk.

Namun selain jeruk, masih ada buah lainnya yang memiliki kandungan vitamin C bahkan lebih tinggi daripada jeruk. Rasanya pun tak kalah menyegarkan dari jeruk.

Berikut 7 buah mengandung vitamin C untuk imunitas tubuh:

1. Kiwi

Kiwi merupakan buah asam segar yang kaya manfaat. Konsumsi dua buah kiwi bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian dua kali lebih banyak dari yang disarankan.

Bahkan kandungan vitamin C pada kiwi tiga kali lebih banyak dari jeruk. Salah satu varietas yang sangat unggul akan nutrisinya adalah Kiwi Sungold.

2. Jeruk

Salah satu kebaikan pada buah ini adalah mengandung 90 persen nilai vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. Kamu bisa menjadikan jeruk sebagai camilan di antara waktu makan utama.

Karena vitamin C larut dalam air, mengonsumsi buah segar ini dapat mempertahankan sebanyak mungkin nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Vitamin K Ini Bisa Cegah Keparahan Gejala Covid-19

3. Blueberry

7 Buah Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas7 Buah Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas Foto: iStock

Buah mungil berwarna biru keunguan ini adalah sumber nutrisi yang baik. Salah satunya tinggi kandungan alami vitamin C. Satu cup blueberry atau sekitar 128 gram menyediakan 16 persen kebutuhan harian vitamin C.

Blueberry. baik segar maupun beku, ternyata memiliki nutrisi yang sama. Blueberry dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuransmoothie.

4. Strawberry

Mengonsumsi delapan buah stroberi akan memberi lebih dari 100 persen kebutuhan harian vitamin C. Bersama dengan nutrisi lain seperti folat dan kalium, stroberi adalah makanan yang sempurna untuk dikonsumsi rutin.

Strawberry juga memiliki fungsi lain seperti menjaga imunitas, merawat kesehatan kulit serta banyak manfaat lainnya yang bisa diperoleh oleh tubuh melalui strawberry.

5. Ceri

7 Buah Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas7 Buah Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas Foto: iStock

Ceri merupakan buah kecil yang ternyata mengandung cukup banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Terutama ceri jenis acerola yang mengandung vitamin C yang lebih banyak lagi.

Bahkan dengan satu buah ceri jenis ini mengandung 81 miligram vitamin C yang hampir memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang disarankan yaitu sebanyak 90 miligram.

Baca Juga: 5 Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan, Camilan Ndeso yang Murah Enak

6. Lemon

Makan satu buah lemon akan memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan vitamin C harian. Lemon bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dijadikan campuran salad, bumbu, atau bahkan dicampur dengan minuman yang menyegarkan.

Konsumsi lemon dapat memberikan lebih banyak manfaat kesehatan dibanding suplemen vitamin C. Misalnya limun yang dibuat dari campuran lemon air bisa membantu mengatasi batu ginjal.

7. Jambu Biji

7 Buah Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas7 Buah Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas Foto: iStock

Hidup di daerah tropis menjadi keuntungan besar yang dimiliki masyarakat Indonesia. Banyak tanaman tumbuh subur di daerah tropis seperti di Indonesia. Salah satunya jambu biji.

Jambu biji mengandung asam askorbat yang bahkan dapat memenuhi 419% kebutuhan harian vitamin C. Segelas smoothies jambu biji secara total dapat memberikan asupan vitamin C sebanyak 376.7 miligram.

Baca Juga: 12 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi untuk Tingkatkan Imunitas

(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT