5 Fakta Qusthul Hindi, Herbal yang Ada di Hadits Nabi Muhammad SAW

Riska Fitria - detikFood Selasa, 07 Sep 2021 05:00 WIB
5 Fakta Qusthul Hindi, Herbal yang Ada di Hadits Nabi Muhammad SAW Foto: iStock
Jakarta -

Qusthul Hindi sempat viral disebut-sebut sebagai obat penyembuh COVID-19. Ternyata manfaat qusthul Hindi pernah dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW.

Beberapa waktu lalu, Ustaz Adi Hidayat pernah menjelaskan tentang qusthul Hindi. Beliau menyebutkan bahwa qusthul Hindi dapat mencegah segala penyakit, termasuk COVID-19.

Ustaz Adi Hidayat mengatakan bahwa temuannya tersebut tidak terlepas dari hadits Nabi Muhammad SAW. Cara menggunakannya yakni dengan mengambil 0,5 bubuk qusthul Hindi.

Kemudian dicampurkan dengan 1 sendok teh madu. Atau bisa juga dicampur dengan minyak jintan hitam, minyak zaitun dan minyak kelapa. Qusthul Hindi dapat digunakan dengan dikonsumsi atau diolesi ke bagian yang sakit.

Berikut 5 fakta tentang qusthul Hindi:

1. Apa Itu Qust Al Hindi

5 Fakta Qusthul Hindi, Herbal yang Ada di Hadits Nabi Muhammad SAW5 Fakta Qusthul Hindi, Herbal yang Ada di Hadits Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

Qusthul Hindi adalah herbal yang berasal dari India. Tanaman herbal ini dikenal dengan nama latin Saussurea Costus. Dilansir dari Verywell Health (06/08), herbal ini banyak tumbuh di dataran tinggi beriklim alpine.

Tumbuhannya memiliki tinggi sekitar 1-2 meter. Yang digunakan dari tumbuhan herbal tersebut adalah bagian akarnya. Nah, akarnya itulah yang telah digunakan secara tradisional sebagai pengobatan.

Qusthul Hindi juga diambil ekstraknya yang populer dikenal sebagai minyak atsiri. Teknik pengobatan menggunakan qusthul Hindi telah dilakukan di Himalaya, Kashmir, Jammu dan Ghats Bara.

Selain itu, beberapa negara lainnya seperti di Jepang yang dikenal dengan sebutan Mokkou. Dan di China dikenal dengan sebutan Mu Xiang.

2. Hadits Nabi Muhammad SAW tentang Qusthul Hindi

Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW terdapat riwayat tentang khasiat qustul Hindi. Ibnu 'Uyainah mendengar Az Zuhri dari 'Ubaidullah dari Ummu Qais binti Mihshan berkata Rasulullah SAW mengatakan:

"Gunakanlah dahan kayu India, karena di dalamnya terdapat tujuh macam penyembuh dan dapat menghilangkan penyakit (racun) di antaranya adalah radang penyakit paru,".

Kemudian, Ibnu Sam'an haditsnya mengatakan, "Karena sesungguhnya padanya terdapat obat dari 7 macam jenis penyakit, di antaranya adalah radang penyakit paru (dada),". (HR Al Bukhari).

Baca Juga: 5 Fakta Jintan Hitam, Rempah Obat Segala Penyakit Menurut Rasulullah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com